oleh

Upayakan Pembudi Daya Lebih Mandiri, KKP Siapkan Program Calon Induk Ikan Benih Berkualitas

Jakarta, Geomaritimnews – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memiliki program Calon Induk Ikan sebagai upaya menghasilkan benih berkualitas, sehingga diharapkan ke depannya pembudi daya dapat lebih mandiri.

“Program bantuan Calon Induk Ikan ini merupakan program prioritas nasional KKP dengan harapan pemerintah dapat menjamin kualitas benih yang beredar di masyarakat,” kata Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (30/7)

Menurut dia, di tengah pandemi COVID-19, berbagai pihak terkait termasuk KKP ingin terus meningkatkan produksi perikanan nasional terutama perikanan budi daya, guna pemenuhan kebutuhan pangan nasional.

Untuk itu, ujar Slamet, dalam rangka mendongkrak produktivitas tersebut, maka seluruh pembudi daya diharapkan mampu memproduksi benih dan pakan secara mandiri.

“Kita punya program Gerakan Pakan Mandiri (Gerpari), dan sekarang kita mengajak para pembudi daya diharapkan juga mampu memproduksi benih sendiri,” katanya.

Slamet menyatakan paham bahwa selama pandemi, kegiatan distribusi baik pakan, maupun benih sedikit banyaknya pasti ada yang terganggu. Jika para pembudi daya sudah mandiri, lanjutnya, walau kondisi apa pun produksi budi daya akan terus berjalan, tidak akan terganggu.

“Salah satu upaya kami agar pembudi daya mampu memproduksi benih, kami menyalurkan bantuan induk lele unggul untuk para pembudi daya,” ujarnya.

Penyaluran bantuan calon induk ikan unggul kepada masyarakat merupakan langkah pemerintah untuk memastikan benih yang dihasilkan di unit pembenihan rakyat/hatchery skala rumah tangga (UPR/HSRT) memiliki standar mutu yang tinggi Ia mengingatkan bahwa kualitas dan kuantitas induk bermutu adalah elemen penting pendukung peningkatan produksi perikanan budidaya.

Adapun salah satu program bantuan calon indukan (calin) unggul itu disalurkan ke daerah Sumatera, salah satunya kepada Kelompok Pembudi Daya Ikan (Pokdakan) Tunas Harapan, Desa Suka Menang, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, yang beranggotakan 25 orang.

Calin ikan lele tersebut sebanyak 100 paket, yang terdiri dari 1.000 ekor calin ikan lele betina dan 500 ekor calin ikan lele jantan yang didistribusikan melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed