oleh

Meski Terancam Punah, Pari Kekeh Tetap Jadi Buruan Nelayan Jawa Tengah

Jakarta, Geomaritimnews, – Ikan pari kekeh dan pari kikir, yang masih menjadi sasaran tangkap nelayan di Jawa Tengah, sudah masuk dalam daftar spesies yang terancam punah.

Hal tersebut dikatakan oleh Dosen dari Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perairan IPB University,Dwi Putra Yuwandana, ikan pari kekeh dan pari kikir masih menjadi tangkapan bernilai bagi nelayan di beberapa daerah di Jawa Tengah seperti Kota Tegal, Kabupaten Pati, dan Rembang.

“Penangkapan dua biota laut tersebut perlu dipantau karena telah masuk dalam daftar spesies yang terancam punah,” kata Dwi , Jumat (4/9).

Dalam acara diskusi Fisheries Resources Center of Indonesia (FRCI) dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah juga mengemuka masalah-masalah terkait perizinan, tangkapan yang tidak dilaporkan, dan pengaturan penangkapan ikan di wilayah Jawa Tengah.

Menurut Budy Wiryawan, dosen IPB University dan anggota FRCI, masalah-masalah itu menimbulkan ancaman degradasi habitat dan ekosistem di kawasan pesisir.

“Akan ada ancaman degradasi habitat dan ekosistem di kawasan pesisir laut serta penangkapan ikan yang berlebihan,” katanya.

Berkenaan dengan hal itu, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah Kurniawan Priyo Anggoro mengharapkan sinergi dari para pemangku kepentingan terkait untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dan mewujudkan pengelolaan perikanan yang berkelanjutan.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed