oleh

KKP Kerjasama dengan BUMN Untuk Naungi Pelaku Usaha Perikanan di Masa Pandemi

Jakarta, Geomaritimnews, –  KKP jalin kerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), terkait untuk melindungi nelayan dan pelaku usaha lainnya di sektor kelautan dan perikanan. Selain itu KKP juga bekerjasama dengan kementerian/lembaga lain yang terkait.

Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Muhammad Zaini mengatakan, peran BUMN sangat diperlukan untuk menyerap hasil laut tangkapan nelayan Indonesia. Sebab, kondisi pasar dalam negeri maupun ekspor saat ini tak lagi kuat menyerap tangkapan hasil laut nelayan.

“Dalam rangka penyerapan produk perikan KKP terus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lain dan juga menggandeng BUMN untuk turut serta menjamin pembelian hasil laut nelayan,” ujar dia dalam webinar bertajuk Solusi Pembiayaan dan Pemasaran Perikanan di Tengah Pandemi, Selasa (6/10).

Menurut Zaini, saat ini berbagai pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan Indonesia tengah dihadapkan pada kondisi sulit akibat dampak pandemi Covid-19. Terutama, terganggunya sistem rantai pasokan ikan dan komoditi laut lainnya.

“Sehingga produk ikan mengalami kelebihan supply akibat tidak terserap oleh pasar. Dan membuat harga jualnya turun,” jelas dia.

Peran BUMN dinilai penting untuk menyerap hasil laut tangkapan nelayan juga pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan lainnya. “Hal ini agar kegiatan usaha di sektor kelautan dan perikanan tetap berkesinambungan,” tambahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed