oleh

Jaga Kestabilan Harga, Pemkab Klungkung Lakukan Pembinaan Pada Pembudidaya

Jakarta, Geomaritimnews, – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Direktur Perusahaan PT. Indonusa Algaemas Prima, Fandy Winyoto Menandatangani kesepakatan. Hal tersebut terkait dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung yang tengah menjalin kerja sama dengan pihak swasta untuk menjaga harga komuditas rumput laut di daerah mereka.

“Lewat kesepakatan dan kerjasama ini, kami berupaya berbuat ditengah kesulitan warga dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Semoga kerjasama ini dapat meningkatkan pemasaran dan menjaga kestabilan harga rumput laut, sehingga berdampak pada pendapatan dan kesejahteraan petani rumput laut,” ujar Bupati Suwirta, dalam keterangannya, Kamis (8/10).

Kerjasama dan kesepakatan ini, kata Suwirta, berkaitan dengan standar rumput laut, penyediaan rumput laut dan distribusi pembelian rumput laut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran rumput laut yang dihasilkan petani serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani rumput laut.

Menurut dia, Pemkab Klungkung berkewajiban memastikan ketersediaan rumput laut, melakukan pembinaan kepada petani rumput laut, dan mengkoordinasikan harga standar pasaran rumput laut. Kemudian, Pemkab berhak melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pemasaran rumput laut, menerima laporan tentang jumlah rumput laut yang akan dibeli, dan melakukan koordinasi terkait pemasaran rumput laut.

“Memberikan kepastian harga dan distribusi adalah wujud kepedulian kami, maka kami cetuskan kerjasama ini, semoga hal ini menjadi langkah awal untuk mewujudkan kesejahteraan para petani rumput laut,” kata Bupati asal Nusa Ceningan ini.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed