oleh

Karam Dihantam Gelombang 3 Setinggi Meter, 6 ABK Kapal Motor Bermuatan Minyak Sawit Berhasil Diselamatkan

Jakarta, Geomaritimnews, – Enam ABK yang mengapung di laut, berhasil diselamatkan kapal MV Sagar Sakti.  Enam ABK  tersebut diselamatkan dari kapal motor bermuatan minyak sawit dari pelabuhan Teratai, Muara Berau, Kalimantan Timur, tujuan Bitung, Sulawesi Utara, yang dilaporkan tenggelam di Selat Makassar, setelah dihantam gelombang 3 meter, Jumat (16/10) siang.

Dilansir Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, peristiwa itu terjadi sekira pukul 13.00 WITA. Saat berlayar, kapal motor diadang cuaca buruk di selat Makassar, sekira pukul 13.00 WITA.

“Tinggi gelombang sekitar 3 meter, disertai angin kencang,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta, dalam penjelasan Minggu (18/10) malam.

Imbas hantaman gelombang perairan, air masuk ke dalam kapal. “Pompa tidak mampu memompa air keluar kapal. Sehingga, kapal tenggelam,” ujar Melkianus.

Pascakejadian, 6 ABK muatan minyak sawit itu, terombang ambing di perairan Selat Makassar selama 2 hari. Mereka akhirnya diselamatkan kapal MV Sagar Sakti, yang melintas di selat Makassar.

“Enam ABK berhasil dievakuasi sekitar jam 3.30 sore ini tadi, dan dibawa ke arah perairan muara Berau. Dari tim Basarnas unit siaga Samarinda, menjemput keenam ABK, untuk dibawa ke perairan Muara Berau dekat Samarinda,” terang Melkianus.

Masih dijelaskan, rencananya keenam ABK itu tiba malam ini. Selain Basarnas, unsur SAR lain yang terlibat adalah TNI AL Pos Anggana di Kutai Kartanegara, serta Polair Polda Kalimantan Timur.

Adapun keenam ABK selamat itu adalah kapten kapal Suriadi (49), dan 5 ABK yakni Sunur (36), Risfandi Kasbian (21), Kasmin A Sarekat (22), Darmansyah (51), serta Meith Ronni Sambai (44). “Dari Basarnas, kami menggunakan kapal RIB (Rigid Inflatable Boat) 9 meter,” tutup Melkianus.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed