oleh

Menlu AS Kunjungi Indonesia Untuk Perkuat Keamanan Maritim ZEE Laut Cina Selatan

Jakarta, Geomaritimnews, –  Pejabat senior Departemen Luar Negeri AS, mengatakan dalam kunjungannya ke Indonesia pekan depan, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo akan mempromosikan kewaspadaan maritim terkait aktivitas China di Laut Cina Selatan, Kamis (22/10).

Dalam pengarahan pers, Asisten Menlu AS untuk Biro Asia Timur dan Pasifik David R. Stillwell mengatakan bahwa kunjungan ke Indonesia penting karena beberapa alasan, posisi strategis dan peran besarnya di kawasan Asia Tenggara.

“Indonesia berada di lokasi yang sangat penting dan strategis. Amerika Serikat dan Indonesia memiliki visi yang sama tentang tatanan berbasis aturan di Asia Tenggara, dan Amerika Serikat adalah pendukung kuat kedaulatan Indonesia,” kata Stillwell dalam keterangannya kepada media.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pada kunjungan tersebut, AS akan memberikan dukungan dan memperkuat kerja sama dalam bidang keamanan, terutama maritim, termasuk dalam menghadapi pelanggaran wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di wilayah Laut Cina Selatan.

“Kerja sama terus berlanjut. Namun sekali lagi, saya akan mencatat ada beberapa tindakan kuat dari pemerintahan Trump akhir-akhir ini yang memungkinkan negara-negara seperti Indonesia untuk menegaskan klaim mereka yang sah atas sumber daya di ZEE mereka, dan penangkapan ikan telah menjadi salah satunya,” kata Stillwell.

Dia mencatat tindakan Indonesia yang mengusir kapal-kapal ikan China dari wilayah ZEE, terutama di sekitar Natuna.

“Anda telah melihat Indonesia telah mengusir kembali kapal-kapal China yang menangkap ikan di ZEE-nya secara ilegal. Dan ada hal-hal yang telah kami lakukan, sekali lagi, yang memberdayakan negara-negara ini untuk melawan.”

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Menlu Pompeo akan berkunjung ke Indonesia sebagai bagian dari kunjungannya ke beberapa negara Asia dari 25 Oktober hingga 30 Oktober 2020. Pompeo akan mengunjungi India, Sri Lanka, dan Maladewa sebelum mengakhiri perjalanan di Indonesia.

Selama kunjungan tersebut, Pompeo akan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan Menlu Retno Marsudi. Pompeo juga akan mengikuti forum Gerakan Pemuda Ansor mengenai dialog agama dan peradaban.

Indonesia dan Amerika Serikat memiliki hubungan bilateral yang erat, dalam berbagai bidang termasuk pertahanan keamanan, ekonomi, dan sosial budaya. Kedua negara juga menjalin hubungan kemitraan strategis yang komprehensif.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed