oleh

Nelayan Tegal Dapat Bantuan 8 Kapal dan Kelengkapanya Dari KKP

Jakarta, Geomaritimnews,  – Nelayan Kota Tegal, mendapatkan 8 kapal bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) penangkap ikan di bawah 5 gross tonnage (GT) beserta kelengkapannya

Bantuan tersebut disalurkan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, di Pantai Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kamis (03/12/2020).

Dedy secara simbolis memberikan engkel mesin kapal kepada nelayan secara langsung. Pemberian bantuan tersebut diberikan kepada dua kelompok nelayan. Yakni Kelompok Mina Abadi dan Kelompok Mina Timbul Mulia Abadi.

“Ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam membantu masyarakat nelayan. Kapal dengan ukuran 3-4 GT dari KKP berjumlah 8 unit. Diharapkan bisa membantu nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan dan penghasilan,” kata Dedy.

Dedy berharap, nantinya nelayan dapat terjalin kerjasamanya. Salah satu contoh, hasil tangkapan nelayan dapat dijual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sehingga ada kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tegal.

Dalam kesempatan itu, Dedy juga berpesan agar nelayan senantiasa memperhatikan faktor keselamatan dalam berlayar mencari ikan. Yaitu sesuai dengan standarisasi perlengkapan dan dalam perawatan kapal.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, Riswanto berharap dengan adanya bantuan kapal ini bermanfaat dan menambah nilai penghasilan serta kesejahteraan bagi keluarga nelayan.

“Hasil tangkapan bisa dilelang di TPI. Bantuan yang diterima kapal di bawah 5 GT. Serta alat tangkap bubu untuk menangkap rajungan. Satu kapal masing-masing 100 unit dan mesin 24 PK, kemudian alat keselamatan berlayar,” ungkap Riswanto.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed