oleh

Meski Cuaca Laut Sering Tak Menentu, Tangkapan Ikan Nelayan Pasuruan Kini Mulai Ada Hasil

Jakarta, Geomaritimnews, – Meski cuaca kerap tidak menentu, Nelayan di Kota Pasuruan di awal tahun ini memilih tetap melaut untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Namun begitu tangkapan para nelayan kini sudah mulai membuahkan hasil.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Pasuruan, Ihsan Khoiri mengungkapkan, tangkapan nelayan cukup bagi memenuhi penghasilan nelayan. Walau tidak terlalu besar penghasilannya, tapi cukup utk menutupi kebutuhan dan juragan tidak sampai merugi.

“Awal tahun ini nelayan tetap melaut. Meski terkadang hujan, namun sudah mulai ada hasil. Tangkapan bervariasi mulai dari ikan Lemaren namun ada juga yg dapat tangkapan ikan Bandeng,” ujar Ihsan.

Ihsan menjelaskan, meski belum maksimal karena belum musim ikan, tetapi setiap melaut rata rata, juragan kapal bisa membawa pulang sekitar keranjang atau 2.5 kuintal untuk dirinya sendiri. Hasil tangkapan ini sebagian besar dijual, dan sebagian kecil dibawa pulang untuk konsumsi keluarganya. Sementara untuk anak buah kapal (ABK) ada jatah tersendiri.

Untuk harga ikan sendiri saat ini relatif stabil. Ia mencontohkan untuk ikan jenis Laosan dijual di kisaran Rp 10.000 per kg, ikan Gerot Rp 5000, ikan Keting Rp 6000 dan ikan Lemaren Rp 7000. Pihaknya sendiri berharap agar kondisi ini tetap bertahan hingga akhir bulan, sehingga juragan dan ABK tidak sampai merugi.

“Kalau saat musim ikan pada Juni dan Juli, tangkapan nelayan bisa mencapai antara tiga hingga lima ton. Cuma karena saat ini belum musimnya, ya tangkapan saat ini sudah termasuk ada hasilnya,” tutup Ihsan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed