oleh

Gerakan Wisata Dan Tingkatan Pengetahuan Masyarakat, KKP Gelar Pameran Ikan Endemik Asli Indonesia

Jakarta, Geomaritimnews, – Tingkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia tentang ikan-ikan endemik asli, sekaligus menggerakkan wisata ikan hias, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar pameran ikan hias endemik asli Indonesia.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti merinci, sudah ada beberapa komunitas yang telah mendaftar yaitu louhan, discus, koi dan mas koki.

“Perlu bagi kita mengenalkan masyarakat Indonesia kepada ikan ikan endemik asli Indonesia melalui kontes atau pameran seperti ini. Saat ini Indonesia memiliki 4.552 jenis spesies ikan hias bahkan 440 di antaranya merupakan endemik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Artati Widiarti, dilansir dari laman kkp.go.id, Minggu (14/3).

Kata Artati, raiser ikan hias yang dibangun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Cibinong, Bogor sudah menjadi rujukan para penghobi dan pencinta ikan hias untuk menggelar kontes. Sepanjang tahun 2020 yang merupakan masa pandemi Covid 19, KKP tetap memfasilitasi penyelenggaraan kontes ikan hias dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, raiser ikan hias bisa meningkatkan kualitas dan menggerakkan wisata berkaitan ikan hias. “Perlu adanya perpaduan, baik itu kontes (ikan hias), training, dan juga pengembangan. Supaya bisa menggerakkan wisata juga,” kata Menteri Trenggono.

Menurut Menteri KKP, Pusat Pengembangan dan Pemasaran Ikan Hias Raiser Ikan Hias di Cibinong, Bogor ini ditujukan untuk menyiasati peluang pasar baru dan promosi. Serta lebih memacu dan meningkatkan pangsa pasar ikan hias Indonesia di dunia internasional. “Raiser ikan hias ini satu-satunya fasilitas pengembangan dan pemasaran ikan hias terbesar milik pemerintah,” ujar Menteri trenggono.

Lanjut Artati, raiser ikan hias Cibinong turut membantu menjaga geliat bisnis ikan hias di tengah pandemi dengan tetap memfasilitasi penyelenggaraan kontes dan bursa ikan hias. Tahun kemarin tercatat ada 6 kali penyelenggaraan kontes ikan hias dengan jenis discus, louhan, cupang dan mas koki.

Raiser ikan hias Cibinong dilengkapi dengan exhibition hall merupakan tempat yang representatif untuk menyelenggarakan berbagai macam kegiatan kontes, pameran, bursa atapun kegiatan lainnya yang terkait dengan ikan hias.

Hal ini diakui oleh Vincentius Deddy dari Royal Gold Fish Depok yang sukses menyelenggarakan kontes ikan mas koki yang bertajuk ‘4 th Indonesian goldfish league 2021’ pada tanggal 5-7 Maret 2021 lalu.

“Kami pilih penyelenggaraan liga maskoki yang ke-4 ini diadakan di raiser ikan hias Cibinong setelah berkaca dari kesuksesan penyelenggaraan yang ke-2 dan 3 di tempat ini pada tahun lalu. Tempatnya sangat luas serta mengakomodir keperluan kita baik dari segi perlengkapan serta fasilitas lainnya. Dan yang terpenting koordinasi dengan pihak pengelola yang sangat mudah dan sangat mensupport kebutuhan kita mulai dari perizinan hingga penyelenggaraan acara,” tandas Deddy.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed