oleh

Ratusan Nelayan Yang Bersandar Di Pelabuhan Pelindo III Tegal Lakukan Tes Cepat Antigen

Jakarta, Geomaritimnews, – Tim Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Kepolisian Resor Tegal Kota bersama Dinas Kesehatan Kota Tegal. Kapolres AKBP Rita Wulandari memeriksa ratusan nelayan yang baru datang melaut di Pelabuhan Pelindo III Tegal, Jawa Tengah dengan tes cepat antigen, Selasa (4/5/2021).

Nelayan wajib menjalani pemeriksaan sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Ada sekitar 400 kapal nelayan bersandar di pelabuhan. Mereka akan diperiksa untuk mengetahui apakah ada yang terindikasi positif Covid-19 atau tidak,” ujar Rita, Selasa (4/5/2021).

Rita menyampaikan, pemeriksaan tidak hanya bagi nelayan yang baru datang melaut, namun juga yang beraktivitas sehari-hari di pelabuhan. Sementara jika ada yang ditemukan positif, maka akan diminta menjalani karantina di Rusunawa Tegalsari yang telah disiapkan Pemkot Tegal.

Rita menjelaskan, upaya tersebut merupakan bagian dari tindakan penyekatan larangan mudik yang akan berlangsung mulai 6 Mei 2021.

“Karena nelayan jalur laut, maka upaya kami adalah pemeriksaan. Hingga siang sudah sekitar 150-an nelayan dan hasilnya negatif. Semoga sisanya sama, negatif,” kata Rita.

Pemeriksaan akan digelar secara masif. Tidak hanya di pelabuhan Pelindo, tapi di pelabuhan lainnya di Kota Tegal.

“Pemeriksaan akan dilaksanakan terus menerus. Tidak hanya sampling. Saya tidak mau warga yang sudah terjaga jangan sampai terpapar dari yang misalnya pulang membawa Covid-19,” kata Rita.

Selain di kawasan pelabuhan, Rita juga mengetatkan pemudik yang baru datang dari luar Kota melalui jalur darat.

“Pemudik yang baru pulang juga akan kita swab. Memanfaatkan posko PPKM Mikro dengan perangkatnya. Akan terus update data, yang baru datang wajib testing,” tutup Rita.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed