oleh

Polemik Perayaan Hari Maritim Nasional Dan Riwayatnya

Jakarta, Geomaritimnews, – Pada Hari ini Tanggal 21 Agustus 2021 banyak yang memperingati sebagai Hari Maritim Nasional, Sejarah peringatan tersebut tak lepas dari kemenangan Armada Laut Indonesia terhadap Jepang.

Namun, berdasarkan Surat Keputusan Nomer 249/1964, Hari Maritim Nasional diperingati pada 23 September.

 Ada berbagai cara untuk memperingati Hari Maritim Nasional. Termasuk berbagi ucapan kepada rekan kerja maupun teman melalui media sosial.

Lantas, kapan peringatan Hari Maritim Nasional 21 Agustus atau 23 September 2021?

Hari Maritim Nasional 21 Agustus dirayakan untuk memperingati kemenangan armada laut Indonesia atas armada laut Jepang pada 1945, Kemenangan ini kemudian diperingati sebagai Hari Maritim Nasional.

Sejarah kemaritiman di kepulauan Nusantara berawal sejak abad ke-9. Di mana banyak kerajaan maritim besar yang sukses membawa wilayah kepulauan Nusantara menuju masa kemakmurannya.  Sejarah kemaritiman yang besar diawali dari Kerajaan Sriwijaya.

Pada waktu itu, pelabuhannya banyak digunakan sebagai tempat transit bagi pedagang dari barat (India) yang ingin menuju timur (Tiongkok) atau sebaliknya.

 Hari Maritim Nasional ditetapkan pada 23 September oleh Presiden RI ke-1, yakni Soekarno. Penetapan tersebut, tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 249/1964 tentang penetapan tanggal 23 September menjadi Hari Maritim Nasional.

Hal tersebut sejalan dengan tekadnya menjadikan Indonesia berjaya sebagai negara maritim. Ditetapkannya Hari Maritim Nasional 23 September pada Musyawarah Nasional (Munas) Maritim I.

Sejak saat itu, 23 September selalu dirayakan menjadi Hari Maritim Nasional, sebagaimana dilansir ppid.tubankab.go.id.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed