oleh

Jaga Konservasi Dan Rehabilitasi Ekosistem Pesisir, KKP Beri Lewat DItjen PRL Salurkan Bantuan

Jakarta, Geomaritimnews, – Melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyerahkan bantuan kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) Penyu dan Kelompok Pelestari Mangrove.

Hal tersebut dilakukan Guna mendukung upaya kelompok masyarakat Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur dalam konservasi dan rehabilitasi ekosistem pesisir.

Secara simbolis, bantuan senilai lebih dari 45 juta rupiah diserahkan oleh Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Pamuji Lestari kepada Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Pantai Rejo, Muhyi pada Sabtu, 20 November 2021 di Pantai Cemara, Banyuwangi.

Sebelumnya tahun 2020, KKP telah memberikan bantuan konservasi kepada Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) senilai Rp 85 juta berupa satu set perangkat monitoring untuk menelurkan penyu. Melalui dukungan ini BSTF telah berhasil mengembangkan intan box, yaitu sarana peneluran penyu tanpa media pasir. KKP juga memberikan bantuan pemerintah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ABT Mangrove kepada Kelompok Pelestari Mangrove Baret sebesar lebih dari Rp 775 juta dengan target luas tanam 58 hektare dan 290.000 bibit.

“Bantuan konservasi diserahkan untuk meningkatkan peran serta kelompok masyarakat dalam upaya perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan berkelanjutan kawasan konservasi dan jenis ikan yang dilindungi atau terancam punah,” ujar Tari.

Menurut Tari hal tersebut sejalan dengan kebijakan ekonomi biru Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Menteri KKP menekankan agar pengelolaan kawasan konservasi dan jenis ikan yang terancam punah dapat tetap memperhatikan keseimbangan ekologi dan ekonomi.

“Bantuan pemerintah untuk konservasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas kelompok dalam melakukan kegiatan konservasi dan rehabilitasi sehingga kelestarian penyu dan ekosistem pesisir di Banyuwangi tetap terjaga,” katanya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed