oleh

Wapres KH.Ma’ruf Amin : Perdagangan Global Dunia , 40% Melintas Laut Indonesia

Yogyakarta-Geomaritimnews , Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dimana dua per tiga luas wilayahnya berupa laut dan memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia sepanjang 99.083km , Indonesia memiliki potensi kemaritiman yang sangat besar. Lebih dari itu, dengan lokasi di antara dua benua, Asia dan Australia; dan dua samudera, Pasifik dan Hindia menjadikan Indonesia pada titik strategis persilangan alur lalu lintas laut yang menghubungkan benua timur dan barat.

Dan Laut indonesia memiliki 8.500 spesies ikan , 555 spesies rumput laut dan 950 biota terumbu karang dan sumber daya laut indonesia meliputi 37 persen dari spesien ikan dunia .

Dengan Kondisi geografis dan kekayaan biota laut yang dimiliki Indonesia , Indonesia memiliki potensi sebagai Poris maritim Dunia

Mengingat kembali perkataan Wakil presiden Republik indoenesia K.H Ma’ruf Amin yang menghadiri secara daring MUNAS ke-II (Aspeksindo) beliau bertutur “Dari sekitar 90% perdagangan global yang diangkut melalui laut, 40% di antaranya melewati perairan Indonesia,” jumat (08/10/21)

Dengan kata lain posisi indoneisa sampai kapan pun akan selalu strategis dalam peta perdagangan dunia. Atas dasar itulah di angkat visi indonesia sebagai poros maritim dunia

Tetapi untuk mewudjudkannya , pemerintah tidak bisa bekerja sendiri , diperlukan peran serta berbagai pihak , baik pemerintah pusat dan derah , masyarakat , dunia usaha , akademisi , dan juga organisasi kemasyarakatan. (adhyctfwn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed