oleh

Aksi Serentak Memperingati Hari Segitiga Karang di Kawasan Konservasi Nasional Wilayah Timur

Jakarta, Geomaritimnews – Berbagai aksi nyata memperingati Hari Segitiga Karang (Coral Triangle Day) 9 Juni 2022 digelar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), beberapa di antaranya adalah rehabilitasi terumbu karang, bersih pantai dan bersih bawah laut yang diselenggarakan oleh Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) pada Kamis (9/6/2022) lalu di sejumlah kawasan konservasi nasional.

Kegiatan bersih pantai dilaksanakan di 3 lokasi yakni Pantai Wisata Oesina, Pantai Wisata Loedi Desa Bo’a Kecamatan Rote Barat Kabupaten Rote Ndao dan Kampung Saribra Distrik Aimando Kabupaten Biak Numfor sedangkan bersih bawah laut di Taman Wisata Perairan (TWP) Gili Matra, pelepasliaran tukik penyu di Kampung Saribra serta pemeliharaan media rehabilitasi karang di TWP Gili Matra TWP Kepulauan Kapoposang TWP Kepulauan Padaido TWP Laut Banda dan SAP Kepulauan Raja Ampat.

Pengambilan sampah pada aksi bersih pantai dan laut difokuskan pada jenis sampah anorganik dari hasil kegiatan pengambilan sampah terkumpul sebanyak 532 kg sampah anorganik yang didominasi sampah botol plastik gelas plastik bungkus makanan ringan sedotan dan bungkus deterjen sedangkan sampah yang diangkat dari laut di TWP Gili Matra berupa tali bekas mooring buoy tali kapal tali jangkar pipa plastik dan sampah plastik dengan berat total 20 kg.

Sementara kegiatan rehabilitasi terumbu karang di Kabupaten Kupang dan Kabupaten Sabu Raijua, menggunakan rangka spider sebanyak 72 unit dengan bibit karang sebanyak 936 fragmen (1 rangka 13 fragmen).

“Ini adalah bentuk implementasi kolaborasi dengan para pemangku kepentingan baik pemerintah desa, pihak swasta, dan BUMN yakni PT. PLN dan PT. PP, untuk membangun kawasan konservasi melalui ekonomi biru dengan pembangunan infrastruktur yang mengedepankan kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan” ujar Imam Fauzi Kepala BKKPN Kupang.

Berbagai aksi nyata tersebut digelar sesuai dengan tema yang diusung dalam peringatan Coral Triangle Day 2022 yakni “Sustaining the Coral Triangle Ecosystems through Blue Economy” yang menekankan pentingnya keberlanjutan ekosistem segitiga terumbu karang untuk ekonomi biru dalam bentuk tindakan inovatif dengan berbagai pihak hal ini sejalan dengan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono untuk mewujudkan keseimbangan antara ekologi dan ekonomi melalui penerapan ekonomi biru.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed