oleh

KKP Dukung Pertumbuhan Industri Olahan Ikan di Daerah Minim Konsumsi Ikan

Jakarta, Geomaritimnews – Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP-KKP) Artati Widiarti konsisten dalam mendukung tumbuh dan berkembangnya pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan (UMKM) hal tersebut dibuat untuk mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk memanfaatkan peluang usaha perikanan di daerah yang masih minim konsumsi ikan. Di Kabupaten Karanganyar misalnya, yang saat ini baru mencatat angka konsumsi ikan 21 kg per kapita per tahun.

“Tentu ini peluang yang bisa kita tangkap, terutama menghadirkan olahan ikan yang bisa membuat masyarakat terbuka bahwa makan ikan bisa dengan berbagai produk olahan,” ujar Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti, Jakarta (27/6).

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP-KKP), Artati Widiarti

Bahkan KKP juga turun ke lapangan dan memberikan dukungan seperti melakukan sosialisasi peningkatan kapasitas kelembagaan usaha, peningkatan kapasitas dan  pendampingan pelaku usaha, fasilitasi pembiayaan, manajemen usaha, legalisasi usaha, kemitraan usaha serta digitalisasi usaha.

“Kita terbuka dengan penumbuhan wirausaha di bidang pengolahan dan pemasaran hasil perikanan serti peningkatan kapasitas kelembagaan usaha hasil kelautan dan perikanan,” sambungnya.

Tak tanggung-tanggung, KKP juga menggandeng sejumlah narasumber ternama guna melakukan sharing kepada 60 orang yang diundang. Narasumber tersebut di antaranya GO-UKM yang menyampaikan materi digital marketing, Rafins Fishskin dengan materi teknologi pengolahan kulit ikan dan perwakilan Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Kabupaten Karanganyar untuk mengurai pentingnya kelembagaan usaha.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed