oleh

Lapisan Es Greenland Mencair, Level Ketinggian Permukaan Laut Naik Hingga 27 CM

Jakarta, Geomaritimnews, – Menurut sebuah laporan penelitian yang dirilis, Lapisan es di Greenland yang kini tengah mencair akan menaikkan level permukaan laut setidaknya setinggi 27 Sentimeter (alias lebih dari seperempat Meter), Prediksi kenaikan level permukaan laut tersebut merupakan dua kali lebih besar dari prediksi yang dibuat sebelumnya.

Penelitian tersebut mendapati bahwa Greenland mengandung lebih dari 120 triliun ton es yang dikategorikan sebagai es zombi. Es zombi tersebut, yang kini masih terikat dengan lapisan es yang cukup tebal, tidak mendapatkan sokongan tambahan dari sejumlah gletser yang kini hanya sedikit menerima bongkahan salju. Tanpa sokongan tersebut, bagian dari es zombi itu kini mencair akibat perubahan iklim dan berujung pada naiknya permukaan air laut, ujar salah satu penulis dalam penelitian itu, William Colgan, seorang ahli glasiologi di lembaga Geological Survey of Denmark and Greenland.

Studi tersebut juga meninjau ujung-ujung dari lapisan es Greenland, bagian es yang menurut para peneliti sedang menuju kematian atau telah mati. Pemanasan bumi selama puluhan tahun menyebabkan sekitar 3,3 persen lembaran es Greenland tidak terganti dengan lapisan es baru dari salju di musim dingin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed