oleh

Kampung Aquaculture Ketapang Dipersiapkan Untuk Dikunjungi Saat Pagelaran PEMSEA MInggu Mendatang

Jakarta, Geomaritimnews, – Satu desa nelayan, yaitu Kampung Aquaculture Ketapang di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang telah dipersiapkan oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar untuk dikunjungi saat pertemuan Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) pada 25-29 Oktober 2022 mendatang.

Zaki mengatakan, Kampung Ketapang ini mulanya adalah kawasan kumuh yang dibangun sejak 2017 hingga saat ini. Awalnya, kampung tersebut terdapat tambak yang kurang produktif. Namun kini kampung tersebut menjadi desa terpencil dengan fasilitas yang lengkap. Sehingga terjadi penambahan UMKM di sana.

Sampai saat ini, kata Zaki proses pembangunan sudah sampai 80 persen. Ditargetkan pada saat kunjungan delegasi PEMSEA datang ke Kampung Ketapang Ketapang segala fasilitas yang akan ditampilkan bisa beroperasi 100 persen.

“Jadi konsepnya kunjungan delegasi ini akan melihat seluruh sarana fasilitas di Kecamatan Mauk baik itu kantor pelayanan umum, kantor kecamatan, kemudian ada puskesmas, ada pasarnya berikut ke kawasan Desa Nelayan Ketapang,” ujar Zaki, saat mengunjungi Emtek Group, di SCTV Tower, Jakarta, Rabu (21/9/2022)

Tak hanya itu, Zaki menjelaskan, pihaknya juga akan memamerkan kawasan konservasi mangrove yang menjadi andalan Kabupaten Tangerang sebagai proyek revitalisasi kawasan pesisir.

Adanya konservasi mangrove ini membuat kualitas air semakin baik sehingga berdampak positif bagi keberadaan hewan perairan seperti udang. Bahkan tambak-tambak yang berada di sana pun menghasilkan panen yang signifikan.

“Jadi masyarakat desa Ketapang tidak lagi mengandalkan hidupnya hanya dari hasil-hasil laut tapi juga ada dari budidaya ikan udang dan juga potensi ekonomi lainnya seperti misalkan tempat-tempat pujasera, tempat makan, juga tempat kopi yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah,” kata dia.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed