oleh

KSAL Tegaskan Siap Hadapi Secara Langsung Bila Ada Nelayan Indonesia Diusir Di Natuna

Jakarta, Geomaritimnews, – Meski belum menerima Laporan terkait peristiwa pengadangan nelayan lokal oleh Kapal Penjaga Pantai China itu. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sudah menanggapi serius informasi tentang adanya pengadangan nelayan lokal di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau tersebut.

Akan tetapi, ketika informasi itu benar, dia memastikan akan menghadapi persoalan tersebut.

“Nah itu nanti berhadapan dengan kita kalau sampai seperti itu (adanya pengadangan), selama ini saya belum mendapat laporan sampai Coast Guard-nya China sampai mengusir nelayan kita ini, saya belum mendapat itu,” kata Yudo kepada wartawan di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (22/9/2022) siang.

“Secara diplomatik nanti akan saya protes, dan secara nyata pasti akan kita hadapi dengan kapal kita. Karena enggak boleh mereka mengusir kapal kita di ZEE kita,” tambah dia.

Yudo meminta nelayan Natuna itu melapor ke Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ranai jika diadang kapal asing.

“Tentunya mereka sudah kita sampaikan, kalau ada hal seperti itu (pengadangan) sampaikan kepada kapal kita atau ke Lanal Ranai, atau Guspurla selalu berada di sana,” ujar Yudo.

Yudo mengatakan, setidaknya ada empat Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang setiap saat bersiaga di Laut Natuna Utara yang merupakan wilayah operasi prioritas Komando Armada I (Koarmada I) TNI AL itu. Selain itu, dia menjelaskan bahwa kehadiran kapal asing yang melintas perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia tak lain dalam rangka freedom navigation atau pelayaran bebas.

Dalam aturannya, kapal asing boleh melintasi ZEE Indonesia namun dilarang berhenti, melego jangkar, maupun mengusir nelayan. Baca juga: Nelayan Diadang Kapal Penjaga Pantai China yang Mondar-mandir di Laut Natuna Diberitakan, nelayan asal Natuna, Dedi (38) mengatakan, Kapal Penjaga Pantai China melakukan manuver untuk memotong haluan kapal mereka di Laut Natuna Utara.

Selain itu, Dedi juga menyebut, kehadiran kapal-kapal ikan asing yang semakin marak di perairan tersebut. Dedi mengatakan, dia dan tiga rekannya bertemu kapal Penjaga Pantai China bernomor lambung 5403 pada 8 September 2022.

”Aku dikelilingi dia (kapal). Dia mau memutar haluan kapal aku, tetapi aku terus saja sesuai haluan aku menuju arah tenggara,” kata Dedi saat dihubungi dari Batam,

Dedi menjelaskan, dia dan tiga rekannya berada di Laut Natuna Utara sejak 1 September dan baru kembali berlabuh di Pulau Natuna pada Senin pagi. Selain bertemu Kapal Penjaga Pantai China, mereka juga melihat sejumlah kapal ikan asing yang berukuran sangat besar.

”Aku tak melihat bendera kapal-kapal ikan itu. Namun, kami menduga itu kapal ikan dari China atau Taiwan soalnya badannya (terbuat) dari besi dan ukurannya besar. Itu berbeda sekali dengan kapal ikan Vietnam yang biasa kami lihat,” ujar Dedi.

Ketua Aliansi Nelayan Natuna Hendri menambahkan, kapal-kapal ikan asing memang semakin marak beroperasi di Laut Natuna Utara selama dua tahun terakhir. Bahkan, belakangan kapal-kapal ikan asing berani beroperasi di perairan yang hanya berjarak 30 mil laut (55,56 kilometer) dari Pulau Laut yang merupakan pulau terluar di Kabupaten Natuna.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed