oleh

China Akan Bangun Terowongan Kereta Api Bawah Laut Terpanjang Di Dunia

Jakarta, Geomaritimnews, – Terowongan kereta api cepat bawah laut terpanjang di dunia hasil kerjasama China Railway Construction Corporation (CRRC) bersama pemerintah Provinsi Zhejiang telah memasuki tahap finalisasi kontrak kerja sama merealisasikan pembangunan terowongan kereta api cepat bawah laut.

Dalam akun resminya di WeChat, Minggu (30/10), CRRC menyatakan dengan tercapainya kesepakatan itu, terowongan kereta api cepat bawah laut akan segera memasuki tahap konstruksi. Panjang jalur yang menghubungkan Kota Ningbo dengan Kota Zhoushan di pesisir timur daratan Tiongkok itu mencapai 76,39 kilometer.

Pembangunan dimulai dari Stasiun Ningbo Dong, lalu ke arah timur menuju Pulau Jintang, Pulau Cezi, dan berakhir di Pulau Zhoushan. Sekitar 90 persen dari jalur itu akan terhubung oleh 36 jembatan dan 17 terowongan. Jalur kereta api bawah laut terpanjang di dunia tersebut akan melintasi terowongan bawah laut sepanjang 16,18 kilometer. CRRC akan menggunakan mesin bor terowongan besar berperisai untuk mengatasi volume air yang tinggi dan kondisi bawah laut yang rumit.

Jalur kereta cepat Ningbo-Zhoushan akan menjadi jalur transportasi lokal yang hanya membutuhkan waktu tempuh satu jam untuk mendukung Zhoushan dalam program Prakarsa Sabuk Jalan (BRI) dan koridor ekonomi Sungai Yangtze. Kontrak CRRC-Pemprov Zhejiang berlangsung selama 36 tahun, termasuk enam tahun tahap konstruksi dan 30 tahun operasional jalur Ningbo-Zhoushan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed