oleh

Pelindo Prediksi Lonjakan Penumpang Angkutan Laut Jelang Nataru Capai 25%

Jakarta, Geomaritimnews, – Lonjakan penumpang penumpang angkutan laut
diprediksi mencapai 25 persen  untuk kegiatan libur Natal dan Tahun Baru.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 sendiri memperkirakan penumpang jalur laut naik 25 persen dibanding tahun 2021. Untuk melayani penumpang, Pelindo menyiapkan 21 terminal.

Regional Head 3 Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki menyebut, arus penumpang Nataru 2021 sebanyak 180 ribu orang. Sementara pada 2022 diprediksi naik 25 persen, yakni sebanyak 225 ribu penumpang.

”Diperkirakan akan ada peningkatan arus pemudik dan penumpang yang liburan dengan transportasi laut,” tutur Ardhy Wahyu Basuki.

Kenaikan itu disebut Ardhy, akibat pandemi Covid-19 yang terus menurun. Karena itu, Pelindo Regional 3 telah melakukan sejumlah persiapan. Di antaranya, mempersiapkan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan. Hingga kesehatan bagi calon pemudik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang.

”Sejumlah fasilitas yang dipastikan siap di antaranya ruang tunggu penumpang, alat pemeriksa suhu tubuh, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan CCTV guna memastikan keamanan bagi calon penumpang,” papar Ardhy Wahyu Basuki, Rabu (21/12).

Pelindo Regional 3 disebut Ardhi telah berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, seperti OP, Syahbandar, dan penyedia pelayaran, agar arus mudik Nataru 2022 khususnya melalui jalur laut berjalan lancar.

”Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami. Semua fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, hingga ruang kesehatan, dipastikan siap melayani arus penumpang liburan Natal dan tahun baru,” terang Ardhy.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed