oleh

Sengketa Masalah Laut Cina Selatan, Mentri Filipina Layangkan Protes Ke Cina

Jakarta, Geomaritimnews, – Negara Filipina memprotes pernyataan China bahwa wilayah yang diklaim Manila di Laut China Selatan yang disengketakan adalah wilayah China.

Lewat Mentri Luar  Negrinya Teodoro Locsin Jr Filipina juga memprotes China karena kapal angkatan lautnya mengarahkan senjata dengan pengontrol radar ke kapal angkatan laut Filipina, Rabu (22/4).

Di Twitter Mentri Locsin mengatakan bahwa dua protes diplomatik diterima oleh Kedutaan Besar China di Manila, Rabu malam.

China telah mendeklarasikan satu bagian dari wilayah yang diklaim oleh Filipina sebagai bagian dari provinsi Hainan paling selatan, kata Locsin, seraya menambahkan bahwa “senjata yang dituntun radar” diarahkan ke kapal angkatan laut Filipina di perairan Filipina.

Tindakan itu merupakan “pelanggaran hukum internasional dan kedaulatan Filipina,” kata Locsin.

Langkah agresif China baru-baru ini di jalur perairan yang disengketakan itu selagi dunia memerangi pandemi virus corona telah dikecam oleh negara-negara Asia Tenggara yang juga mengklaim wilayah sama dan juga oleh Amerika Serikat.

China baru-baru ini mengumumkan pembentukan dua distrik untuk mengelola dua kelompok pulau dan terumbu karang yang disengketakan di Laut China Selatan untuk memperkuat

Klaimnya atas hampir seluruh jalur perairan itu, di antara yang tersibuk di dunia. Satu distrik dilaporkan meliputi kepulauan Paracel dan yang lainnya mencakup yurisdiksi atas Spratly, wilayah yang paling diperebutkan di perairan strategis itu.

Beberapa pemerintah yang dipimpin oleh Amerika mengutuk pembangunan pulau-pulau itu dalam beberapa tahun ini, dan menuduhnya sebagai provokasi yang berbahaya, tetapi Beijing menegaskan mereka memiliki hak untuk membangun di daerah itu, yang diklaim sebagai wilayahnya sejak zaman dulu kala.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed