oleh

Pergantian KSAL dan KSAU yang Baru, Mahfud Pinta Tingkatkan Penjagaan Laut Natuna

Jakarta, Geomaritimnews, – Kepala Staf TNI AL (KSAL) yang baru saja dilantik, Laksamana Yudo Margono dipinta oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mohammad Mahfud MD untuk meningkatkan keamanan di perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Dia ingin kedaulatan Indonesia di Natuna dijaga dengan intensif agar nelayan tak cemas dengan keberadaan kapal asing. Hal itu ia sampaikan saat menerima Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal Fadjar Prasetyo di Kantor Menko Polhukam pada Selasa (26/5).

“Saya berpesan agar TNI AL memperhatikan keamanan aktivitas nelayan-nelayan kita di Natuna, dan agar KSAL baru terus mencari terobosan dan kreativitas dalam upaya mempertahankan kedaulatan di laut,” ujar Mahfud dalam keterangan resminya, Selasa (26/5).

Diketahui, sengketa laut antara Indonesia dan China sempat memanas di perairan Natuna Utara. Puluhan kapal-kapal nelayan China yang dikawal pasukan penjaga pantai dan kapal perang fregat berlayar di perairan dekat Natuna, Kepulauan Riau, pada akhir Desember 2019 lalu.

TNI AU sempat mengirim 4 pesawat tempur F-16 ke Natuna untuk melakukan patroli. Bahkan, Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri dan pejabat negara juga sempat berkunjung ke Natuna saat patroli TNI dan kapal-kapal China bersitegang.

Selain kepada Yudo, Mahfud turut berpesan pada Fadjar untuk memperkuat pengamanan wilayah udara di perbatasan Indonesia. Meski terdapat pelbagai keterbatasan, Mahfud meminta agar TNI AI tak mengendurkan daya juga menjaga wilayah udara NKRI.

“Sungguh butuh pengabdian tinggi untuk dapat menjaga kedaulatan di udara. Harapan saya TNI AU tetap menjaga daya juang,” jelas Mahfud.

Menko Polhukam menilai KSAL dan KSAU yang baru berpengalaman dalam menjaga wilayah. Menurutnya, pemilihan Laksamana Yudo Margono dan Marsekal Fadjar Prasetyo sudah tepat. Yudo sebelumnya pernah menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I.

Sementara Fadjar sebelumnya menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II. Yudo dan Fadjar dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu lalu (20/5). Yudo menggantikan Laksamana Siwi Sukma Adji yang masuk masa pensiun Mei 2020, sementara Fadjar menggantikan Marsekal Yuyu Sutrisna yang masuk masa pensiun Juni 2020.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed