oleh

Menteri Edhy Prioritaskan Anak Nelayan Untuk Masuk Sekolah Kelautan Milik KKP

Jakarta, Geomaritimnews, – Sekolah kelautan dan perikanan yang berada di bawah naungan KKP memprioritaskan menerima anak-anak nelayan atas perintah langsung Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Hal ini dilakukan sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia sektor kelautan dan perikanan nasional.

“Kalau sekarang ini belum ada keharusan anak-anak nelayan, ke depan wajib sekolah-sekolah kita untuk menerima anak-anak nelayan. Siapa lagi yang akan mengurusi mereka kalau bukan kita?” ujar Edhy, di Jakarta, Sabtu, (1/8).

Edhy menjelaskan, kewajiban sekolah kelautan dan perikanan menerima anak nelayan itu sesuai dengan arahan yang telah diberikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Selama ini unit pendidikan di bawah KKP meliputi Politeknik Ahli Usaha Perikanan yang memiliki program studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Permesinan Perikanan (MP), dan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH).

Selain itu ada program studi Teknologi Akuakultur (TAK), Teknologi Pengelolaan Sumber Daya Perairan (TPS), dan Penyuluhan Perikanan (PP).Selanjutnya ada Politeknik Kelautan dan Perikanan dengan program studi Teknik Penangkapan Ikan, Teknik Pengolahan Produk Perikanan dan Teknik Kelautan. Ada juga Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan dengan program studi Konservasi kelautan dan Ekowisata Bahari.

Tak hanya tingkat pendidikan tinggi, KKP memiliki sekolah usaha perikanan menengah yang tersebar di Provinsi Aceh (Ladong), Sumatera Barat (Pariaman), Lampung (Kota Agung), Jawa Tengah (Tegal), Kalimantan Barat (Pontianak), Sulawesi Selatan (Bone), Maluku (Waeheru), Nusa Tenggara Timur (Kupang), dan Papua Barat (Sorong).

Penyelenggaraan proses pendidikan di SUPM terlaksana selama tiga tahun dan pada umumnya memiliki empat program keahlian, yaitu Teknika Kapal Penangkap Ikan, Teknika Mesin Kapal Perikanan, Teknika Pengolahan Hasil Perikanan, dan Teknologi Budi Daya Perikanan Laut/Teknologi Budi Daya Perikanan Air Payau.

“Pengembangan SDM di bidang kelautan dan perikanan punya peran strategis dalam mendukung pencapaian pembangunan sektor kelautan dan perikanan secara keseluruhan,” kata Edhy.

Menteri Edhy berharap peningkatan kualitas SDM ini dapat menjadikan seluruh lulusan sekolah perikanan dapat bekerja atau menjadi pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan di berbagai daerah.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed