oleh

Tiba di Balikpapan,DPP Geomaritim menghadiri Rakernas ASPEKSINDO

-Tak Berkategori-3.043 views

Balikpapan,Geomaritimnews- Pelantikan pengurus periode 2018-2022 dan Rapat Kerja Nasional atau Rakernas Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) yang akan  digelar di Kota Balikpapan  Kalimantan Timur tanggal 21-23 Maret 2019 rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo. (Balikpapan 21/3/19)

Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud terpilih sebagai Ketua Umum Aspeksindo pada Musyawarah Nasional I, yang digelar di Jakarta pada awal Oktober 2018.

Rekernas pertama Aspeksindo ini, akan membahas pembangunan wilayah kepulauan dan pesisir, serta membentuk wadah untuk menghimpun seluruh sumber daya yang ada di Indonesia.

Aspeksindo juga memperjuangkan terwujudnya kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir, untuk itu perlu penguatan kelembagaan agar semua terkoordinasi antara kebijakan nasional dan daerah.

Di temui saat Registrasi sebagai peserta Ketua Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Poros Maritim Indonesia (DPP Geomaritim) Semmy F.Jenggu  mengatakan  Kita adalah Negara maritim yang pernah jaya di era Kerajaan Sriwijaya hingga Puncakya pada masa Kerajaan Majapahit di saat Kepemimpinan Hayam Wuruk yang di pertegas dalam Sumpah Palapa oleh Patih Gajah Mada yang mempersatukan Nusantar  sehingga apa yang di gagas Aspeksindo hari ini patut kita acungi jempol.

” Dimasa Kemerdekaan Bung Karno adalah Nahkoda Negara Maritim dengan semangat mengembalikan Kejayaan Laut Nusantara demenginisiasi Perdana Menteri Juanda hingga Lahirah Deklarasi batas laut maritim Indonesia yang kita kenal kini dengan sebutan Deklarasi Juanda 13 Desember 1957 ” Ujar Semmy

Senada dengan Semmy F Jenggu Ketua DPP Geomaritim Bidang Media Komunikasi Bernadus Barang Mite mengatakan Kini di Masa Pemerintahan Presiden Jokowi telah lahir Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2017 tentang Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI) saatnya kita  memainkan fungsi sosial control yang konstruktif dan agend of change yang mengarah pada maritim Nusantara agar bersama-sama pemerintah mewujudkan Indonesia menjadi Poros Martim Dunia.(Nurfat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.