oleh

Bertemu Duta Laut Dunia, Bupati Mamberamo Raya Ingin Daerahnya Lebih Maju

-Tak Berkategori-1.292 views

Jakarta,Geomaritimnews- Letak pesisir utara Papua sangat strategis berada di selatan Samudera Pasifik serta menjadi jalur pelayaran yang menghubungkan barat dengan timur Pulau New Guinea. Selain itu  wilayah pesisir utara Papua memiliki potensi alam yang sangat kaya, yang menjadi sumber makanan penduduk setempat. Sumber makanan ini meliputi berbagai jenis kerang, ikan, udang, kepiting, serta biota laut lainnya.

Wilayah pesisir utara Papua sejak masa prasejarah telah memiliki berbagai macam kontak yang ekstensif dengan berbagai macam budaya dari luar. Sekitar 3.000 tahun yang lalu penutur Austronesia dalam migrasinya ke pesisir utara Papua, membuat dan menggunakan perahu yang disesuaikan untuk pelayaran laut. Merekalah yang berhasil menemukan sistem cadik (penyeimbang di kiri dan kanan perahu) untuk mengatasi ganasnya ombak lautan.

Bupati Mamberamo Raya saat diskusi dengan Duta Laut Dunia Baharudin Farawowan,SH,MH

Pesisir pantai utara Papua meliputi Nabire, Waropen, Mamberamo Raya, Sarmi, Jayapura, dan pulau-pulau di utara Papua. Sungai Mamberamo menandai suatu batas yang cukup jelas antara kebudayaan ke arah timur dan arah barat. Perbedaannya terletak pada struktur sosial, kepercayaan religius, dan materi budaya.

Bertempat di bilangan Jakarta timur (20/3/2019) Bupati Mamberamo Raya Provinsi Papua Dorinus Dasinapa  menyampaikan hal di atas dalam diskusi bersama Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Poros Maritim Indonesia (DPP Geomaritim) Baharudin Farawowan.

Lebih lanjut menurut Bupati Dorinus Kabupaten Mamberamo raya yang memiliki potensi maritim luas hendaknya dapat di kelola sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat Mamberamo Raya yang utamanya berdiam di Pesisir dan pulau-pulau terluar.

” Saya ingin agar Kabupaten Mamberamo Raya yang memiliki Sumber Daya maritim yang luas ini dapat di kelola demi peningkatan kesejahteraan rakyat sebagaimana keinginan Presiden Jokowi untuk menjadikan Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia ” Ujar Dorinus.

Sementara itu Ketua Umum DPP Geomaritim Baharudin Farawowan yang juga adalah Delegasi Kelautan Dunia di Indonesia sangat mengapresiasi keinginan Bupati Mamberamo Raya lebih khusus dalam pembangunan Kemaritiman Nasional di Kabupaten Mamberamo Raya dan Provinsi Papua umumnya.

“DPP Geomaritim Sebagai Lembaga yang terlahir dari Peraturan Presiden Republik Nomor 16 Tahun 2017 tentang kebijakan kelautan Indonesia kami menyambut baik dan mendukung langkah Bupati Mamberamo Raya serta akan kami teruskan kepada Bapak Presiden untuk mendapat Perhatian khusus” Ujar Baharudin

Pada pertemuan itu juga Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa menyerahkan Surat Kesedian untuk bergabung bersama DPP Geomaritim di Jakarta.(Cakra)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.