oleh

Mengusung Kepemimpinan Maritim, AKP Haris Lambey Mencalonkan Diri Menjadi Wali Kota Batam ( Bagian 1 )

-Tak Berkategori-3.944 views

Jakarta-Geomaritimnews,- Pada tahun 2020  mendatang sejumlah daerah di Indonesia akan melaksanakan  pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di 270 provinsi dan kabupaten/kota.

Tampak Baliho Calon Walikota AKP Haris Lambey di Jalan Protokol Kota Batam

Pilkada serentak nanti akan dilakukan pencoblosan pada tanggal 23 September 2020 termasuk Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau menjadi salah satu daerah yang menggelar Pilkada serentak.

Sejumlah putra terbaik Kota Batam akan mengikuti perhelatan akbar kepemimpinan 5 tahunan tersebut seperti halnya AKP Haris Lambey yang keseharianya menjabat sebagai  Kasat Polairud Polres Kota Batam yang mengusung visi kemaritiman.

Berikut wawancara kami dengan sang calon Walikota Batam AKP Haris Lambey.

Wartawan: Apa motivasi Pak Haris maju sebagai Walikota Batam Periode 2020-2025?

AKP Haris Lambey: Motivasi saya adalah bagaimana kita ingin merubah Batam menjadi  Batam yang baru  dan pasti bagaimana merubah  yang sekarang ini sudah cukup bagus tetapi bagaimana merubah Batam menjadi suatu Batam  yang baru  maka motivasi kita membangkitkan sektor  ekonomi di wilayah khusunya wilayah Batam lah.

Wartawan: Apakah memang sektor ekonomi  ini sangat mewakili Batam baru  yang akan dibuat oleh Pak Haris nanti?

AKP Haris Lambey: ya sudah pasti  karena saat ini  suatu kota yang baru  pasti akan berpengaruh pada sektor ekonomi  bisa meningkat  Batam akan menjadi mengalami sebuah  perubahan yang luar biasa.

Wartawan: Baik contohnya apa pak?

AKP Haris Lambey: Contohnya seperti yang paling nyata adalah  sekarang masyarakat Batam ini kan butuh  lapangan pekerjaan  yang cukup luas  sampai saat ini angka pengangguran di kota Batam  masih cukup tinggi jadi sektor ekonomi kita akan ciptakan lapangan pekerjaan yang cukup luas .

Wartawan: Menurut Pak Haris apa yang menarik dari Kota Batam ini?

AKP Haris Lambey: Mungkin sebagian orang banyak dengar kalau Batam adalah salah satu kota yang sangat strategis  ya karena kenapa Batam jadi menarik karena Batam itu letaknya berdekatan dengan dua negara seperti Singapura dan Malaysia  nah dengan letaknya cukup dekat dengan negara tetangga yang sangat berkembang maka Batam menjadi satu kota yang  potensinya cukup luas kaya gitu.

Wartawan: Termasuk sektor ekonomi tadi?

AKP Haris Lambey: Pasti-pasti.

Wartawan: Selain itu kira-kira apa lagi yang menonjol dari Kota Batam?

AKP Haris Lambey: Ya selain sektor ekonomi  kan ekonomi adalah bagian dari kumpulan sektor sektor lainya  paling penting itu sebenarnya  sektor industri Batam itu sebenarnya sepuluh tahun yang lalu sempat jaya dengan  industri perkapalan  sekarang sudah dibangkitkan  dengan sektor pariwisata  sebagian sektor pariwisata sekarang dikembangkan dengan pariwisata industri adalah salah satu bagian yang perlu di tingkatkan untuk meningkatkan ekonomi Batam.

Wartawan: Menurut anda saat ini industri di Batam  sudah cukup berkembang atau bagaimana?

AKP Haris Lambey: Sepuluh tahun yang lalu sudah cukup berkembang tapi sekarang ini sektor industri banyak investasi maupun investor saling ada membangun  di Batam itu sekarang kebanyakan sudah mulai tutup dikarenakan pasti dikarenakan berbagai macam ya seperti hal-hal regulasi regulasi ini masih ada  tumpang tindih  sehingga investor masih kurang nyaman berinvestasi di kota Batam.

Wartawan: Untuk menyelesaikan hal ini  menurut anda apa yang harus dilakukan untuk menarik kembali investor  ke Kota Batam?

AKP Haris Lambey: Program yang harus di ubah untuk Batam agar investor bisa kembali ke Batam lagi ya adalah merubah  regulasi nah regulasi yang tumpang tindih ini perlu dijelaskan kembali dan jadikan Batam ini adalah kota tujuan investasi dan merubah regulasi.

Wartawan: Lalu menurut anda bagaimana kunjungan pariwisata di Kota Batam saat ini?

AKP Haris Lambey: Untuk pariwisata sekarang  ini kita bisa lihat angka di kunjungan wisatawan asing sekarang ini di tahun 2018 itu satu tahun kunjungan kurang lebih 1.300.000 wisatawan nah sekarang ini tahun 2019 kurang lebih 1.400.000 sehingga pariwisata itu sudah sangat baik pada Batam tapi sektornya masih belum rata karena Batam ini wilayah yang sangat strategis jadi Pembangunan Kota Batam itu perlu dibangun zona-zona nah zona pariwisata ini yang perlu merata untuk sementara ini sudah bagus  tapi masih belum rata.

Wartawan: Bagaimana menurut anda wisatawan domestik di Kota Batam?

AKP Haris Lambey: Karena letak Batam yang sangat berdekatan dengan negara Singapura sebenarnya kalau bicara wisatawan asing itu Singapura  menganggap Batam itu adalah tempat tinggal kedua karena apa cost biaya antara  wisatawan lokal dari Jakarta ke Batam dengan wisatawan asing dari Singapura ke Batam lebih murah Singapura ke Batam sehingga ini menarik nah disini sektor pariwisata Batam itu harus dimulai dari berbagai macam hal contohnya gerbang terdepan karena Batam itu letaknya geografis  terdepanya adalah pelabuhan nah wisatawan asing ini yang di Singapura ini  masuk ke Batam gerbang terdepanya adalah pelabuhan dulu sehingga kita perlu bikin pelabuhan itu seperti pelayanan yang baik sehingga mereka akan senang untuk datang ke Batam .

Wartawan: Menurut anda mudah atau ada sesuatu yang sulit untuk meningkatkan wisatawan termasuk dari Singapura  dan Malaysia.

AKP Haris Lambey:  Itu sesuatu yang tidak sulit ya karena sebenarnya yang dibutuhkan adalah pemahaman pemerintah untuk sebuah regulasi untuk menggerakan leading sektor  dari semua stakeholder yang ada di Kota Batam untuk  bekerja sama membangun Batam menjadi salah satu destination wisata yang paling menarik karena Batam itu adalah gerbang terdepanya  Batam itu bisa menjadi destinasi dunia semua wisatawan itu melihat Batam itu sangat menarik  dengan sektor pariwisatanya.

Wartawan: Pariwisata ini kan luas ya pak Jakarta punya daya tarik berbeda, perkotaan ada mall tempat perbelanjaan terbesar seperti Tanah Abang  nah kalau di Batam itu apa sih yang menarik pariwisata nya?

AKP Haris Lambey: Kalau dibilang pariwisatanya ya kembali di Batam itu lebih bagus ke natural karena memang geografisnya adalah perairan  sehingga wisatawan asing itu datang ke Batam ada wisatawan lokal datang ke Batam mereka melihat yang terkait dengan perairan pantai terus viewnya yang bagus karena dari Batam menuju ke Singapura itu dekat sekali itulah salah satu nilai jual  dan sekarang ini pariwisata Batam harus ditingkatkan dengan sistimnya branding kita harus membranding Batam itu ke dunia internasional bicara ke Hongkong atau Singapura atau Malaysia bahwa Batam itu salah satu tujuan yang menarik untuk wisatawan.

Wartawan: Jadi strateginya seperti apa pak?

AKP Haris Lambey: Strateginya adalah ini kembali lagi pemerintah harus mau lagi kerja sama dengan stakeholder yang ada di Kota Batam karena untuk mempublish Batam menjadi salah satu kota pariwisata yang cukup terkenal itu harus ada namanya planning yang bagus .

Wartawan: Contoh stakeholder itu perhotelan atau seperti apa pak?

AKP Haris Lambey: Semua itu Menko terkait atau ada instansi-instansi terkait yang mendukung tentang pariwisata seperti keamanan polisi bekerja untuk menjaga wisatawan agar aman berkunjung ke Kota Batam harus ada kerja sama yang baik.

Wartawan: Karena masyarakat ini kan salah satu komponen yang sangat penting mendukung pariwisata ada beberapa daerah destinasinya bagus keindahan alamnya luar biasa  tapi ternyata masyarakat belum siap Batam kan sebenarnya masih dalam tahap perkembangan  belum begitu melunjak pariwisatanya nanti pendekatan ke masyarakat seperti apa ya pak?

AKP Haris Lambey: Setuju jadi begini pemerintah bisa mengajak masyarakat untuk berkontribusi bersama dengan pemerintah  menciptakan ekonomi kreatif misalnya  karena ada beberapa sektor Batam ini dikelilingi ada lebih ratusan pulau yang mengelilingi pulau Batam nah destinasi wisata bukan hanya di Kota Batamnya sendiri yang tadi anda bilang  kota itu harus ada mall mall memang salah satu kunjungan wisatawan tapi kalau kita bandingkan dengan Singapura mall lebih banyak lagi sehingga yang menarik wisatawan ke Batam itu bukan mall tapi wisata-wisata  alami seperti wisata ke pulau  nah disatu pulau itu ada masyarakatnya  sebelum menghadirkan wisatawan datang ke pulau tersebut maka pemerintah perlu mensosialisasikan kepada masyarakat mari kita rubah lingkungan pulau ini menjadi destinasi wisata yang menarik maka harus dibersihkan dirapihkan  nah itu pemerintah harus terjun kesitu mensosialisasikan kepada nasyarakat agar efeknya ke masyarakat.

Wartawan: Sebagai anggota Polisi bagaimana anda melihat keamanan Kota Batam?

AKP Haris Lambey: Untuk sementara ini sudah cukup baik keamanan  karena kebetulan di beberapa program yang dilakukan oleh pemimpin Kapolda kami ikut mengatur manajemen keamanan Kota Batam sangat menarik banget tapi masih ada beberapa sektor-sektor belum tersentuh dengan sektor keamanan nah keamanan ini adalah  program unggulan  setelah kita diberikan kesempatan  maka kita adakan Batam sebagai tempat keamanan yang terpadu.

Bersambung bagian 2….(umam)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.