oleh

Tawarkan Kerja Sama, Komando Penjaga Keamanan Laut AS Temui Bakamla

-Tak Berkategori-2.093 views

Jakarta, Geomaritimnews, – Laksamana Linda L Fagan Komandan Penjaga Keamanan Laut Amerika Serikat untuk wilayah Pasifik, menawarkan kerja sama menjaga pengamanan maritim, penegakan hukum, dan pengembangan kapasitas melalui pelatihan kepada Badan Keamanan Laut RI (Bakamla).

Penjaga Keamanan Laut AS atau U.S. Coast Guard berkantor pusat di San Fransisco. Lembaga ini fokus pada penegakan hukum dan berada di bawah Kementerian Dalam Negeri sekalipun personilnya merupakan pasukan angkatan laut AS.

“Hari ini saya bertemu pejabat Bakamla, kami membahas keamanan maritim, penegakan hukum, kerja sama pelatihan, informasi, dan mengatasi ancaman keamanan laut,” ujar Faghan di Kedutaan Besar AS di Jakarta, Jumat (31/1).

Faghan yang baru pertama kali berkunjung ke Indonesia menjelaskan, kedua negara dapat bersama-sama mengatasi berbagai ancaman keamanan di perairan di Pasifik, di antaranya pencurian ikan, gangguan keamanan laut, dan aktivitas yang berdampak pada kehidupan serta mata pencarian.

Faghan juga menjelaskan, penanganan berbagai ancaman  perlu dilakukan dengan pendekatan multi negara.

Selain berkunjung ke Bakamla, Komandan Penjaga Keamanan Laut AS untuk wilayah Pasifik ini juga berkunjung ke Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam dua hari kunjungan kerjanya ke Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.