oleh

Tempat Wisata Unik Sumur Raksasa Alami Di Donggala

Jakarta, Geomaritimnews, – Pulau Sulawesi memiliki banyak destinasi wisata bahari yang memukau. Sebut saja Kepulauan Wakatobi, Bunaken, hingga berbagai pantainya yang masih asri.

Bila berminat dengan wisata air yang cukup unik, cobalah pergi ke Pusat Laut Donggala di Sulawesi Tengah. Sumur dengan air jernih ini memiliki kedalaman hingga tujuh meter. Diameternya sekitar sepuluh meter.

Sumur ini Terletak di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Lokasinya yang tak jauh dari pantai membuat destinasi ini selalu ramai pengunjung.

Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 07.00-18.00 dan dipatok tarif WNI seharga Rp10 ribu, sedangkan untuk WNA seharga Rp15 ribu.

Pusat Laut Donggala mungkin hanya berbentuk lubang berisikan air. Tetapi, terdapat beberapa aktivitas seru yang bisa  dilakukan di sini. Salah satunya berenang.

Dengan kedalaman mencapai tujuh meter, wisatawan bisa menikmati keindahan pusat laut ini. Airnya jernih dengan dominasi warna biru muda kehijauan. Dan Jika air sedang pasang, pemandangan bawah lautnya akan terasa semakin magis.

Tak perlu khawatir bagaimana cara naik ke daratan, terdapat tangga panjang yang tersambung ke atas. Jika memutuskan untuk berenang, pastikan anda dapat berenang dengan baik mengingat kedalaman sumur yang cukup dalam.

Selain itu, destinasi ini berada dekat Pantai Bonebula, bila sudah bosan di Pusat Laut Donggala, wisatawan bisa berjalan ke pantai. Pantai berpasir putih ini kerap disebut sebagai “surga” tersembunyi di Kabupaten Donggala. Hamparan pasir sangat indah berpadu dengan air pantai yang biru syahdu.

Pantai Bonebula

Tak kalah indah dengan kebanyakan pantai di Sulawesi, Pantai Bonebula juga punya keindahan bawah laut yang memukau. Saat snorkeling, wisatawan akan disuguhkan pemandangan warna-warni terumbu karang beserta biota laut unik lainnya. Bila menetap hingga sore hari, wisatawan pun dapat menikmati sunset yang cantik.

Ada beberapa tips yang bisa dimanfaatkan wisatawan saat berkunjung ke sana.

Jangan sembarangan terjun ke dalam Pusat Laut Donggala jika tidak bisa berenang dengan baik. Ajak teman atau keluargamu yang bisa menuntunmu berenang, agar tetap aman.

Gunakan pakaian renang yang semestinya karena terdapat bebatuan karang bisa melukai kulit.

Jagalah kebersihan tempat wisata.

Dan bila Anda ingin suasana yang tak terlalu ramai, disarankan datang pada saat weekday.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed