oleh

Banyak Daerah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir, BMKG Berikan Peringatan Dini

Jakarta, Geomaritimnews, – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi peringatan dini cuaca ekstrim dan memperkirakan sejumlah wilayah di Indonesia akan diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai dengan angin kencang, kilat/petir mulai 24 hingga 26 Februari 2020.

Deputi Bidang Meteorologi Senin (24/2),  menyampaikan adanya massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Maluku Utara.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktorlokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di sebagian besar Jawa, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, NTT, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Terdapat Siklon Tropis Ferdinand 995mb dengan kecepatan angin maksimum 40kt dan Siklon Tropis Esther 990mb di Barat Daya Teluk Carpentaria dengan kecepatan angin maksimum 40kt dan berpotensi meningkatkan kecepatan angin di wilayah Selatan Jawa, Bali, NTB hingga NTT, kepulauan Tanimbar dan laut Arafuru Selatan Papua.

Adanya konvergensi di Kalimantan Selatan dan Perairan Selatan Jawa Barat.Daerah belokan angin terdapat di Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Maluku dan Papua. Low Level Jet dengan kecepatan angin terpantau lebih dari 25 knot di Selatan NTT dan di Laut Arafuru Selatan Papua.

Berikut daftar wilayah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai dengan angin kencang, kilat/petir menurut laman bmkg.go.id :

– Aceh

– Sumatera Barat

– Bengkulu

– Lampung

– Banten

– Jawa Tengah

– Sumatera Selatan

– Kalimantan Tengah

– Gorontalo

– Sulawesi Tengah

– Sulawesi Barat

– Sulawesi Selatan

– Sulawesi Tenggara

– Maluku

– Aceh

– Jambi

– Sumatera Selatan

– Kepulauan Bangka Belitung

– Jawa Barat

– Jabodetabek

– Yogyakarta

– Jawa Timur

– Bali

– Nusa Tenggara Barat

– Kalimantan Barat

– Kalimantan Timur

– Kalimantan Selatan

– Papua

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed