oleh

Peneliti Ungkap Mengapa Penyu Sering Memakan Sampah Plastik

Jakarta, Geomaritimnews, – Di seluruh dunia, penyu telah menelan potongan plastik di laut dan sering mati sebagai akibatnya. Ada banyak teori tentang mengapa penyu dan hewan laut lainnya menelan plastik. Beberapa orang telah lama berspekulasi bahwa mereka keliru untuk makanan karena penampilannya – misalnya, kura-kura akan memakan kantong plastik yang terlihat seperti ikan jeli.

Tetapi para ilmuwan dari University of North Carolina di Chapel Hill menyadari penjelasan ini tidak cukup menjelaskan apakah penyu bisa tertarik pada bagaimana plastik berbau.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan Senin di Current Biology, mereka mengatakan mereka mengonfirmasi pertanyaan ini untuk pertama kalinya: Penyu melakukan kesalahan dengan aroma plastik untuk makanan.

“Temuan ini penting karena ini adalah demonstrasi pertama bahwa bau plastik di laut menyebabkan hewan memakannya,” kata ahli biologi UNC-Chapel Hill Kenneth J. Lohmann. “Adalah umum untuk menemukan penyu tempayan dengan sistem pencernaan mereka sepenuhnya atau sebagian terhambat karena mereka telah memakan bahan plastik.”

Dalam studi tersebut, 15 penyu tempayan yang ditahan selama lima bulan dikirim serangkaian bau udara melalui pipa. Mereka mengabaikan aroma plastik dan air yang bersih tetapi menanggapi bau makanan dan plastik yang dibasahi air laut dengan menjulurkan hidung mereka keluar dari air untuk mencium bau.

Para peneliti terkejut bahwa kura-kura menanggapi plastik biofouled – yang mengacu pada akumulasi mikroba, ganggang, tanaman dan hewan kecil di permukaan plastik – dengan cara yang tepat mereka menanggapi makanan asli mereka.

Penelitian ini mengungkapkan implikasi yang lebih besar tentang bagaimana peningkatan jumlah polusi plastik akan berbahaya bagi penyu dan mamalia laut lainnya, termasuk paus, burung laut dan ikan.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa lebih dari setengah penyu di dunia dan hampir setiap burung laut telah menelan plastik. Lebih dari 8 juta ton plastik dibuang ke lautan setiap tahun – setara dengan membuang satu truk sampah Kota New York ke laut setiap menit.

Penelitian menunjukkan bahwa menelan lebih dari selusin plastik dapat membunuh penyu. Penyu muda sangat rentan karena mereka cenderung berenang di arus di mana banyak plastik menumpuk.

Begitu seekor penyu menelan plastik, mereka tidak akan bisa memuntahkannya kembali. Akibatnya, sebagian besar plastik yang tertelan tersangkut di usus kura-kura dan membatasi kemampuannya untuk menyerap dan mencerna makanan.

“Masalah plastik di laut lebih kompleks daripada kantong plastik yang terlihat seperti ubur-ubur atau sedotan yang tersangkut di hidung penyu,” kata Joseph Pfaller, direktur penelitian Proyek Penelitian Caretta dan penulis pendamping penelitian tersebut. “Ini potongan penting dan meresahkan dalam teka-teki, dan semua plastik berbahaya bagi penyu.”

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed