oleh

Sulit Temukan Pengepul Saat Corona, Pemkab Sukamara Bantu Beli Ikan Kering Hasil Olahan Nelayan

-Tak Berkategori-2.837 views

Jakarta, Geomaritimnews, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara meminta kepada para nelayan di Kecamatan Pantai Lunci maupun Jelai mengolah ikan hasil tangkapan menjadi ikan kering. Ikan-ikan itu rencananya akan dibeli oleh pemerintah daerah dan dibagikan kepada masyarakat.

Sutrisno Selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Sukamara mengatakan pemerintah daerah akan membeli tangkapan ikan para nelayan yang sudah dikeringkan. Hal tersebut  untuk membantu nelayan yang sulit menjual ikan mereka akibat tidak adanya pengepul.

“Saat ini para nelayan kesulitan memasarkan hasil tangkapan mereka karena pengepul tidak ada. Sebab itu pemerintah daerah akan membeli ikan tangkapan mereka tetapi dalam bentuk sudah kering,” ujar Sutrisno

Menurutnya cara itu akan membantu nelayan untuk memasarkan hasil tangkapan mereka, sekaligus menyediakan bahan pangan bagi masyarakat. Sebab ikan yang dibeli oleh pemerintah daerah akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang saat ini terdampak pandemi Covid-19.

Kebijakan yang sama juga dilakukan bagi para petani padi di wilayah Sukamara. Sutrisno meminta dinas terkait mendata hasil panen dan membeli beras hasil pertanian. Hal itu sebagai cadangan pangan jika dibutuhkan.

“Dinas terkait sudah diminta agar mendata hasil produksi nelayan maupun petani dan akan dibeli pemerintah daerah sebagai cadangan pangan,” ungkap Sutrisno.

Sebelumnya Bupati Sukamara telah menginstruksikan kepada dinas terkait untuk mendata para pedagang yang bisa menyisihkan penjualan beras, serta membeli hasil panen masyarakat. Hal itu dilakukan untuk cadangan pangan jika pandemi Covid-19 terus berlanjut. Selain itu, pembelian beras juga dilakukan ke pihak Bulog.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.