oleh

89 Nelayan ODP Jalani Rapid Test Saat Berlabuh di Dermaga Talisayan

-Tak Berkategori-1.837 views

Jakarta, Geomaritimnews, –  – Sebanyak 89 nelayan dari Kota Baru, Kalimantan Selatan, menjalani rapid test yang dilakukan Dinas Kesehatan melalui RS Pratama Talisayan, Sabtu (13/6).

Mereka menjalani rapid test karena nelayan tersebut berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) usai kapal penjaring yang mereka tumpangi berlabuh di Dermaga Talisayan.

Pelaksanaan rapid test itupun mendapat pengawalan dari personel Polsek Talisayan, Kabupaten Berau.

Kapolsek Talisayan Iptu Budi Witikno melalui Kasubbag Humas Polres Berau Ipda Lisinius Pinem saat dikonfirmasi Minggu (14/6) mengatakan, 89 nelayan dari 7 kapal datang ke perairan Talisayan untuk mencari ikan dan berlabuh di Dermaga Talisayan.

Ipda Pinem menjelaskan selain para penumpang dilakukan rapid test, kapal mereka pun disemprot disinfektan untuk mencegah penyebaran Virus Corona ( covid-19 ).

“Seluruh penumpang termasuk kapal dilakukan pemeriksaan ketat, mulai penyemprotan disinfektan hingga rapid test kepada nelayan di kapal itu,” kata Ipda Lisinius Pinem.

Kasubag Humas Polres Berau mengemukakan, para nelayan yang telah dilakukan rapid test tersebut masih bisa melaut, namun tetap diminta menerapkan protokol kesehatan covid-19.

 “Tetap harus mengikuti protokol kesehatan. Untuk mereka harus tetap tinggal di kapal dan belum boleh berbaur dengan warga setempat,” ujarnya.

Pinem menambahkan jika hasil dari rapid test tersebut ternyata reaktif, maka akan dilakukan pemeriksaan ulang kepada semua nelayan dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Berau.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.