oleh

Produksi Kian Meningkat Namun Penjualan Rendah, KKP Carikan Solusi Pemasaran Produksi Nila Budidaya di Sulut

Jakarta, Geomaritimnews, – Dalam kurun waktu 2015-2019, terjadi peningkatan sebesar 16,98 persen dalam produksi ikan nila di Provinsi Sulawesi Utara, di atas kenaikan produksi nasional yang hanya 5,45 persen.

Meski produksi meningkat, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengakui masih ada permasalahan seperti pemasaran produk, tidak hanya pada perikanan budidaya, tapi juga perikanan tangkap.

“Tapi kami carikan solusinya yakni dengan menggandeng Kementerian BUMN untuk memback-up hasil produksi,” kata Edhy dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu, (13/6).

Nantinya, Edhy menyebut backup hasil produksi bisa dilakukan melalui Perindo, Perinus maupun Kliring Berjangka. “Kami yakin hasil produksi perikanan dapat terserap, karena sudah disiapkan anggaran yang cukup banyak untuk mengatasi hal ini” kata dia.

Pernyataan ini disampaikan Edhy dalam kunjungannya ke kawasan budidaya ikan nila milik masyarakat Desa Tetey, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara. Sebelumnya, Edhy berkeliling ke berbagai sentra produksi ikan di Mamuju, Pasangkayu, hingga Manado

Selain itu, Edhy mengatakan kementeriannya siap membantu akses permodalan melalui BLU Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) maupun Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Dengan kedatangan KKP langsung ke tengah masyarakat, kami harap dapat memecahkan berbagai masalah yang ada di sektor kelautan dan perikanan,” kata dia.

Sementara itu, salah seorang pembudidaya di Desa Tetey, Robert Oni Wagiu menjelaskan bahwa budidaya ikan nila di desa Tetey sudah berlangsung lebih dari 20 tahun. Ada sekitar 30 pemilik kolam dengan potensi total luas lahan mencapai 60 ha yang bekerjasama dalam membangun Desa Tetey menjadi kawasan budidaya ikan Nila.

“Semoga dengan kedatangan Pak Menteri ke desa kami dapat menjadi solusi bagi kami masyarakat pembudidaya serta membuka jalan untuk dapat memperluas pemasaran hasil produksi kami,” kata Oni.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed