oleh

5 Tips Untuk Para Pengunjung Untuk Jaga Kebersihan Tempat Wisata

Jakarta, Geomaritimnews, – Laut tidak bisa terpisahkan dengan dunia pariwisata, dengan banyaknya pariwisata tentu saja akan banyak menarik wisatawan  yang berkunjung baik lokal maupun asing.

Sebagai wisatawan, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga ekosistem dan kelestarian laut di Indonesia pada khususnya, dan dunia pada umumnya.

Melansir Forbes, berikut lima tips berwisata ramah laut untuk menjaga kelestarian ekosistem kelautan.

1.Gunakan tas yang dapat digunakan kembali (reusable bags)

Hindari tas plastik, Gunakan tas yang dapat digunakan kembali. Jangan membuang sampah plastik atau kertas ketika berbelanja oleh-oleh. Jika hal ini diabaikan, sampah plastik atau kertas dapat merusak ekosistem laut ketika terbuang ke lautan. Untuk pakaian basah, gunakan tas kedap air. Sementara tas kain bisa digunakan untuk berbelanja makanan atau oleh-oleh.

2.Gunakan tabir surya ramah lingkungan

Banyak tabir surya mengandung bahan-bahan yang beracun bagi terumbu karang. Hawaii baru-baru ini menjadi negara pertama yang melarang tabir surya yang mengandung oksibenzon dan octinoxate.

Bahan-bahan tersebut ditemukan memiliki dampak berbahaya yang signifikan pada ekosistem. Kamu dapat membantu melindungi lautan dan kulit kamu sendiri dengan menghindari tabir surya dengan bahan-bahan tersebut. Sebaiknya, pilihlah tabir surya dengan bahan biodegradable.

3.Bawa botol air sendiri

Gunakan botol minuman yang dapat dipakai berkali-kali. Bawa botol minuman sendiri saat bepergian. Hal ini dapat membantu mengurangi jumlah sampah botol plastik sekali pakai. Botol jenis ini perlu waktu hingga 1.000 tahun agar dapat terurai di tanah. Cukup bawa botol kosong yang bisa dipakai berulang di dalam tas. Lalu isi air mineral saat di bandara internasional maupun hotel.

4.Hindari sedotan plastik

Tips berikutnya, hindari penggunaan sedotan plastik ketika berwisata. Sedotan ini dapat menimbulkan risiko tinggi bagi kehidupan laut. Dengan menghilangkan sedotan plastik, wisatawan dapat membantu mengurangi dampak salah satu sepuluh jenis puing di lautan. Untuk menghindari sedotan plastik, kamu bisa membawa sedotan stainless steel atau sedotan bambu.

5.Peralatan mandi

Kamu juga bisa menjaga ekosistem laut dari cara menyiapkan peralatan mandi ketika berwisata. Caranya, kamu bisa mengganti sampo, makeup, dan pembersih yang mengandung bahan kimia seperti polietilen dan polipropilena.

Bahan-bahan itu dapat masuk ke laut dan merusak ekosistemnya. Mulai sekarang, kamu bisa memilih peralatan mandi misalnya menggunakan botol isi ulang daripada membeli barang baru di setiap perjalanan. Tentu ini juga akan dapat menghemat uang sekaligus membantu menyelamatkan ekosistem laut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed