oleh

Galakan Program Makan Ikan, KKP dan TNI AL Kolaborasi Bagikan 850 Paket Gemarikan

Jakarta, Geomaritimnews, – Kolaborasi dan sinergi menjadi kunci untuk menekan angka penyebaran Covid-19, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendukung operasi kemanusiaan TNI Angkatan Laut (AL) “Surya Bhaskara Jaya (SBJ)” 2020.

Melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) menyerahkan bantuan berupa 850 Paket Gemarikan yang berisi 4 jenis produk perikanan.

Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP Machmud mengatakan, rincian bantuan tersebut antara lain tortila rumput laut, ikan sarden kaleng, abon ikan dan krispy ikan.

Ia berharap para pemangku kepentingan dan seluruh keluarga besar TNI AL dapat berperan aktif dalam mendukung program Gemarikan sekaligus menjadi agen perubahan dengan mengajak masyarakat untuk mengonsumsi ikan terlebih pemenuhan gizi masyarakat terdampak Covid-19.

Seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa makan ikan bisa meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah penyakit Covid-19, sehingga Presiden mengajak jajarannya memberikan bantuan makanan berbahan baku ikan.

“Sinergi dengan TNI AL merupakan prestasi luar biasa dan harus dilanjutkan ke depannya,” ujarnya, di Jakarta, Senin (29/6).

Sementara itu, Dinas Potensi Maritim Markas Besar TNI AL Brigjen TNI Widodo Dwi Purwanto mengatakan, SBJ 2020 akan diisi dengan kegiatan Bakti Sosial berupa penyerahan bantuan paket cuci tangan untuk TK dan SD di bawah Yayasan Hang Tuah.

Di samping itu ada juga penyerahan 1.333 paket sembako kepada perwakilan pegawai honor lepas pelayanan siswa satuan wilayah Jakarta, perwakilan warga Kalibaru dan Marunda Cilincing dan penyerahan paket imunitas untuk 632 guru dan karyawan Yayasan Hang Tuah serta pembelian paket suplemen dan makanan bayi di komplek TNI Angkatan Laut.

Ia juga memastikan akan mensosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh.

Selama bulan Juni, KKP melalui PDSPKP bekerjasama dengan komisi VI DPR membagikan 40 ribu paket Gemarikan, paket tersebut dibagikan di 80 titik yang tersebar di 19 Provinsi dimana masing masing titik akan mendapatkan 500 paket selama bulan juni.

Program gemarikan merupakan salah satu upaya KKP untuk mendukung dan memastikan sektor perikanan tangkap dan budidaya serta pengolahan tetap berdaya saing selama pandemi Covid-19.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed