oleh

Menteri Edhy Ungkap Besar Serapan Anggaran KKP Tahun 2020

Jakarta, Geomaritimnews, –  Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menjelaskan penyerapan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2020 baru mencapai 38,19%. Dari pagu anggaran Rp 4,6 triliun.

“Realisasi APBN KKP per 3 Juli 2020 mencapai 38,19% dari pagu anggaran Rp 4,6 triliun dan apabila realisasi tersebut digabungkan dengan outstanding kontrak menjadi 43,86%,” ujar Edhy dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI, Jakarta, Senin (6/7).

Realisasi itu dirasa belum cukup terserap. Dia memastikan bakal berupaya agar semakin banyak anggaran yang terserap.

“Realisasi ini menempatkan KKP urutan 38 dari 85 kementerian dan lembaga. Selanjutnya KKP akan terus meningkatkan realisasi penyerapan anggaran sebagaimana arahan presiden pada sidang kabinet 18 Juni 2020,” ujar Edhy.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat kesal dengan para menteri karena serapan anggaran masih rendah. Padahal, serapan anggaran sangat diperlukan untuk pemulihan ekonomi di tengah pandemi Corona (COVID-19).

Berbagai program telah disiapkan sebagai upaya untuk percepatan penanganan COVID-19. Salah satunya program bakti nelayan yang sudah berjalan dari April.

Program tersebut diisi dengan penyemprotan di kapal dan wilayah pelabuhan sampai pemberian masker. Selain itu, ada juga program pembagian sembako, bantuan benih, sampai safari gemar makan ikan.

“Safari gemar makan ikan diperluas untuk membantu juga penyerapan produk UMKM di mana KKP juga memfasilitasi pemasaran secara online dalam rangka mendukung program gerakan nasional bangga buatan Indonesia,” imbuhnya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed