oleh

Jaga Keamanan Laut, Bakamla Jalin Kerja Sama Dengan Coast Guard Jepang dan India

Jakarta, Geomaritimnews, –  Gelar berbagai kegiatan bersamaKepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksdya TNI Aan Kurnia menjalin kerja sama dengan Coast Guard Jepang dan India untuk.Salah satu kerja sama yang dijalin adalah pertukaran informasi kemaritiman antara dua negara.

“Jadi intinya Indonesia dan Jepang akan meningkatkan kerja sama baik itu pelatihan mau pun saling pertukaran informasi. Khususnya untuk di maritim untuk menjaga keamanan dan keselamatan di laut,” kata Aan di Mabes Bakamla, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (6/7).

Kerja sama Bakamla dengan Coast Guard Jepang sebenarnya bukan yang pertama kali dilakukan. Sejak 2018 Bakamla telah melakukan kerja sama dengan negara matahari terbit itu.

Bahkan kata Aan, banyak program yang telah direncanakan antara dua pihak yang mestinya bisa terlaksana tahun ini. Hanya saja kegiatan itu tak bisa direalisasikan lantaran saat ini masih ada pandemi Covid-19.

“Dulu, mulai tahun 2018 sebetulnya kita sudah kerja sama, cuma sekarang sebetulnya banyak program yang harusnya kita laksanakan. Tapi dengan situasi covid-19 ini, akhirnya kita laksanakan secara virtual,” kata dia.Dia enggan merinci kegiatan apa saja yang akan digelar oleh Bakamla bersama Jepang.

Saat ditanya apakah kerja sama dengan Jepang ini juga berkaitan dengan program menjaga laut di wilayah konflik secara bersama-sama antara Indonesia dan Jepang, Aan enggan membenarkan.

“Kita utamakan untuk menangani masalah bencana dulu kemudian keselamatan itu yang menjadi prioritas. Tapi semua nanti kita saling sharing di sini. Itu saja,” kata dia.Kata dia, saat ini kedua negara fokus bekerjasama untuk penanganan persoalan bencana alam, dan keselamatan di wilayah perairan.

Tak hanya dengan Jepang, Bakamla juga melakukan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) dengan Indian Coast Guard (ICG). Penandatanganan dilakukan langsung oleh Kepala Bakamla Laksamana Madya Aan Kurnia dengan Direktur Jenderal ICG K. Natarajan

“Bakamla atau Indonesian Coast Guard dengan India Coast Guard membuat MoU kesepakatan kita akan meningkatkan kerja sama. Baik itu di bidang pendidikan maupun patroli,” kata Aan.Penandatangan MoU ini dilakukan secara terpisah di masing-masing negara dan disaksikan secara virtual. Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Pradeep Kumar Rawat hadir di Bakamla mewakili Coast Guard India.

Melalui kerja sama tersebut dia berharap hubungan kemaritiman kedua negara akan ditingkatkan. Aan juga berharap kerja sama ini bisa meningkatkan kemampuan masing-masing negara untuk menjaga keamanan laut. Selain itu, pertukaran informasi juga diharapkan bisa ditingkatkan.

“Ini akan meningkatkan kerja sama di kedua belah pihak khususnya India Coast Guard dan Bakamla,” kata Aan.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed