oleh

Pemkot Tanggerang Sulap Saluran Irigasi Jadi Tempat Pembibitan Ikan

Jakarta, Geomaritimnews, -Pemerintah Kota Tangerang menjadikan saluran irigasi sipon yang berada di dekat Alun Alun Ahmad Yani menjadi pembibitan ikan.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menjelaskan ide pemanfaatan saluran irigasi Sipon sebagai calon lokasi wisata baru merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Ketahanan Pangan serta Dinas Budaya Pariwisata dan Pertamanan.

“Kita coba manfaatkan saluran irigasi yang sudah ada sejak dulu sebagai pilihan wisata baru. Terlebih lokasinya berada dekat dengan alun – alun Kota Tangerang yang sedang proses renovasi,” kata Arief.

Sebagai langkah awal, lanjut Arief, akan dilepas tak kurang dari 5.000 bibit ikan nila dari jenis nila merah super dan nila nirwana di area saluran irigasi sepanjang 100 meter.

“Ikannya dari UPT Holtikultura pada DKP sedang area pembibitan disiapkan oleh Disbudpar,” ungkapnya.

Arief mengharapkan masyarakat dapat membantu menjaga kelestarian bibit ikan yang sudah dilepas untuk dapat terus dikembangbiakan hingga menjadi salah satu daya tarik di lokasi tersebut.

“Tolong bantu untuk tidak dipancing, hanya untuk dilihat dan biarkan ikannya tumbuh besar,” tukas Wali Kota.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Ubaidullah Ansar menambahkan, penataan di sisi saluran irigasi sipon pun terus dilakukan.

Masyarakat diharapkan dapat menjaga kebersihan sungai. Kemudian, nantinya ada petugas yang juga melakukan pengawasan. Sebab, pembibitan ini sebagai milik bersama.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed