oleh

Bakamla Akan Bentuk IMIC Untuk Dukung Ketepatan Informasi Kemaritiman

-Tak Berkategori-1.493 views

Jakarta, Geomaritimnews, – Guna mendukung kewaspadaan kemaritiman Kepala Badan Keamanan Laut ( Bakamla) Laksdya TNI Aan Kurnia berinisiatif akan membentuk Indonesia Maritim Information Center (IMIC).

“Banyak informasi yang secara fakta sebenarnya hanyalah kasus pencurian kecil di kapal, namun diberitakan seolah terjadi perompakan besar saat diberitakan pada jurnal lembaga tersebut,” ujar Aan.

Hal tersebut disampaikannya saat menemui Menko Polhukam, Mahfud MD di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Adapun informasi dari jurnal lembaga tersebut, meliputi International Maritime Bureau (IMB), International Fusion Centre (IFC), dan Regional Cooperation Agreement on Combating Piracy and Armed Robbery Against Ships in Asia (ReCAAP).

Pembentukan IMIC juga sekaligus mengimbangi pemberitaan lembaga tersebut yang selama ini cenderung kurang proporsional bagi Indonesia. Menurut Aan, nantinya IMIC akan terkoneksi dengan aparat penegak hukum lainnya.

Dilibatkannya aparat penegak hukum tersebut adalah untuk merespon setiap terjadinya sebuah peristiwa “Setiap kejadian akan dapat langsung direspon dengan cepat, sehingga meningkatkan jaminan keamanan laut di Indonesia”, tambahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.