oleh

Bahas Isu Keamanan Laut, Bakamla dan MEA Malaysia Gelar Rapat Virtual

Jakarta, Geomaritimnews, – Melalui video teleconference  Badan Keamanan Laut ( Bakamla) RI melaksanakan rapat dengan Malaysia Maritime Enforcement Agency (MMEA) di Markas Besar Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat,  Senin (20/7).

Kedua pimpinan, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dan Ketua Pengarah MMEA Laksamana Maritim Dato Mohd Zubil Bin Mat Som, berkomunikasi sekitar 30 menit. Kedua perwira tinggi tersebut membicarakan isu-isu keamanan laut dan keamanan perbatasan laut antara Indonesia dengan Malaysia.

Selain itu, keduanya juga membahas kerja sama yang telah terjalin erat serta peningkatan kerja sama yang akan dilaksanakan ke depan.Bakamla RI yang dulu bernama Badan Koordinasi Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakorkamla) menandatangani sebuah Memorandum of Understanding ( MoU) dengan Sekretaris Majelis Keamanan Negara (MKN) Malaysia di Bali pada 27 Januari 2021.

MoU tersebut adalah Memorandum of Understanding between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of Malaysia in Respect of the Common Guidelines Concerning Treatment of Fishermen by Maritime Law Enforcement Agencies of Malaysia and the Republic of Indonesia (MoU Common Guidelines).

Mohd Zubil Bin Mat Som menyampaikan apresiasi dan dukungan yang tinggi atas pengangkatan Laksdya TNI Aan Kurnia sebagai Kepala Bakamla RI yang baru. Dia menambahkan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Bakamla RI dan MMEA dapat ditingkatkan ke depannya. Apalagi, tersusunnya Common Best Practices (CBP) pada 2018 dapat menutup kekurangan MoU Common Guidelines sebelumnya.

Laksdya TNI Aan mengatakan Bakamla RI dan MMEA memiliki kesamaan tugas dan fungsi seperti penegakan hukum di laut, pencarian, dan pertolongan. Bakamla dan MMEA juga berfungsi sebagai komponen cadangan angkatan bersenjata jika terjadi keadaan darurat atau perang.

Oleh karena itu Bakamla RI dirasa perlu untuk memperkuat hubungan kerja sama dengan MMEA. Pada kegiatan tersebut, Kepala Bakamla RI didampingi oleh Sestama Bakamla RI Laksda Bakamla S. Irawan, Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksda Bakamla TSNB Hutabarat, dan Kepala UPH Bakamla RI Laksma Bakamla Iman Wahyudi.

Selain itu juga didampingi oleh Inspektur Bakamla RI Kolonel Bakamla Mulyono, Direktur Kerja sama Bakamla RI Laksma Bakamla Retiono, Direktur Data dan Informasi Bakamla RI Laksma Bakamla Dwi Aris Priono, Direktur Hukum Bakamla RI Laksma Bakamla Erry Herman, dan Direktur Kebijakan Bakamla RI Laksma Bakamla Samuel Kowaas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed