oleh

Dukung Konkep Jadi Kawasan Khusus Perikanan,DPD Geomaritim Sultra Angkat Bicara

Kendari,Geomaritimnews- Menyikapi polemik pertambangan di Konawe kepulauan, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Poros Maritim Indnoesia (DP Geomaritim) Provinsi Sulawesi Tenggara Sumitro Sarta meminta kepada pemerintah provinsi Sulawesi tenggara untuk lebih berhati-hati dalam menentukan kebijakan pembangunan daerah khususnya pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya alam yang tersedia (kamis,7 Maret 19)

“ mengingat jika terjadi kekeliruan dalam pemanfaatan sumberdaya alam maka sama halnya kita menitipkan penderitaan kepada generasi mendatang “ ujar sumitro

Lebih lanjut ia menambahkan terkait dengan polemik tersebut maka Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Poros Maritim Indnoesia (DPD Geomaritim) Provinsi Sulawesi Tenggara pada dasarnya memahami bahwa falsafah pembangunan Tidak hanya berada pada bentuk pemikiran yg berorientasi pada ekonomi semata tapi juga harus berorientasi pada pembangunan ekonomi yg berbasis lingkungan dan ketahanan ekologis.

Untuk mendukung langkah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara maka Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Poros Maritim Indnoesia (DP Geomaritim) Provinsi Sulawesi Tenggara bersikap

  1. Mendukung pernyataan rencana Pemprov Sultra yang akan menjadikan Konawe kepulauan sebagai kawasan khusus pembangunan perikanan dan kelautan.

2.  mendesak pemerintah provinsi Sulawesi tenggara agar secepatnya melakukan kajian dan implementasi strategis tentang pemetaan potensi kemaritiman perikanan dan kelautan di sultra yang antara lain meliputi pemetaan zona konservasi dan pariwisata serta zona pemanfaatan dan pengelolaan Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat beserta regulasinya.

3.meminta kepada pemerintah provinsi Sulawesi tenggara untuk tidak menjadikan jazirah Sulawesi tenggara sebagai bumi pertambangan semata,mengingat Sultra adalah wilayah maritim dan kepulauan.

4. Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Poros Maritim Indnoesia (DPD Geomaritim) Provinsi Sulawesi Tenggara akan membuat langkah-langkah strategis sebagai masukan kepada Pemerintah Provinsi termasuk rencana Pemprov Sultra menjadikan Konawe kepulauan sebagai kawasan khusus perikanan dan kelautan. (Devaqsan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed