oleh

Peribahasa Bugis dalam Pidato Presiden Jokowi,Baharudin Farawowan : Beliau Ingin Melanjutkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

-Tak Berkategori-1.759 views

 Jakarta ,Geomaritinews.com,– Joko Widodo mengutip pepatah Bugis saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Minggu 20 Oktober 2019.

“Pura babbara’ sompekku… Pura tangkisi’ golikku… Layarku sudah terkembang, Kemudiku sudah terpasang. Kita bersama Menuju Indonesia maju,” ucap Jokowi saat membacakan naskah pidatonya.

Dalam bahasa bugis, kalimat lebih lengkapnya berbunyi: “layarku sudah terkembang, kemudiku sudah terpasang, lebih baik tenggelam daripada kembali”.

Menurut Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Poros Maritim Indonesia (DPP Geomaritim) Baharudin Farawowan peribahasa Bugis ini mengandung makna maritim yang mendalam.

” Peribahasa di atas menurut kami Bapak Jokowi ingin menyampaikan bahwa telah membangkitan kejayaan maritim dari tidurnya yang panjang sejak beliau di lantik 20 Oktober 2014 lalu dengan cita-cita ingin menjadikan Indonesai sebagai poros maritim dunia” Ujar Farawowan

lebih lanjutnya menurutnya Bapak Jokowi-Bapak KMA hendak melanjutkan visi besar tersebut dalam pemerintahan lima tahun mendatang sehingga marilah kita semua komponen anak bangsa bahu membahu dalam mengembalikan kejayaan laut nusantara dengan Visi 2019-2024 SDM Unggul,Indonesia Maju. Tutupnya (Cakra)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.