oleh

Benahi Pelayanan Publik,AKP Haris Lambey Maju Walikota Batam

-Tak Berkategori-2.108 views

Jakarta,Geomaritimnews,- Kota Batam adalah kota pelabuhan penting yang terhubung dengan 2 negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia, masalah tentang pelayanan publik yang baik tentunya menjadi topik menarik yang bisa di bahas, karena jika bisa melakukan pelayanan dengan baik dan cepat bukan hanya Kota Batam yang menerima efek positifnya tentunya hubungan yang bersangkutan dengan kelautan 3 negara juga bisa lebih efisien dan efektif.

Momen Pilkada serentak yang di lakukan di seluruh Indonesia khususnya pemilihan Walikota Batam menjadi ajang para calon-calon menampilkan solusi yang tepat akan permasalah tersebut.

Melanjutkan wawancara kami dengan AKP Haris Lambey selaku calon Walikota Batam membahas tentang permasalahan pelayanan tersebut.

Berikut Wawancaranya:

Wartawan: Pak Haris sempat menyinggung soal reformasi birokrasi  lebih lanjut bagaimana  apa yang anda inginkan itu karena  direct ke linear pemerintah pusat  anda bilang tidak begitu sulit harusnya  apa yang ingin anda lakukan?

AKP Haris Lambey: Jadi yang  ingin kita lakukan adalah bagaimana pemerintah Kota Batam itu punya  jalur akses  yang tadi saya bilang  kepemerintah pusat  sehingga apabila  terjadi permasalahan permasalahan di daerah itu bisa di diskusikan di pusat dan pusat pasti akan memberikan support  kepada  semua permasalahan di Batam yang memang membutuhkan  harus di  pangkas birokrasinya  kita perlu belajar saja  ini hal yang tidak sulit untuk diwujudkan  saya rasa  begitu.

Wartawan: Pelayanan publik itu adalah dinas-dinas  yang di bawahi  oleh  seorang Walikota  menurut anda  pelayanan publik di Kota Batam itu apakah sudah cukup baik?.

AKP Haris Lambey: Masih memang ada beberapa  sektor yang cukup baik  tapi masih ada beberapa sektor yang masih kurang pelayanan publik apa sebenarnya kan di Batam sudah di bangun salah satu gedung  yang namanya gedung Sumatra  itu dibangun sebagai pelayanan terpadu.

Wartawan: Tetapi apakah berjalan pelayanan nya disana?

AKP Haris Lambey: Yah masih kurang maksimal  kita perlu salah satu terobosan-terobosan  strategi -strategi baru untuk  memaksimalkan itu nah  yang paling penting itu sebenarnya pelayanan terkait dengan kemaritiman  nah apabila kapal kapal asing masuk ke Kota Batam sampai saat ini kan masih  dihadapi birokrasi-birokrasi yang sulit nah  ada rencana apabila  kami diberikan kesempatan membangun namanya gedung  yang terintegrasi dengan pelayanan 24 jam  karena apabila contoh  misalnya sekarang ini  di Batam itu pelayananya terbatas dengan  jam kerja dan hari libur  namanya pelayanan itu  apabila menjadikan Kota Batam kota metropolitan itu kita perlu fokus dengan pelayanan dulu Singapura itu kapal masuk kapanpun itu bisa masuk langsung ke Kota Singapura  nah sedangkan di Batam apabila  instansi terkait di hari sabtu minggu itu libur maka itu tidak bisa dilakukan maka ini harus kita rubah  kita mau buat pelayanan selama 24 jam dan itu terintegrasi kedalam 1 gedung pelayanan kemaritiman  disitu ada namanya Syahbandar stake-stake holder lain sehingga pada saat kapal masuk seorang agen kapal  itu masuk langsung bisa clear keluar surat izin layar atau surat pemberitahuan kapal masuk itu yang paling penting.

Wartawan: Mengapa anda mengatakan bahwa pelayanan 24 jam ini akan menyelesaikan  masalah  pelayanan publik terutama soal perizinan Pak Haris?

AKP Haris Lambey: Karena masyarakat itu butuh  cepat masyarakat butuh kepastian  kalau apabila kita pemerintah tidak bisa memberikan kepastian kepada masyarakat bagaimana pemerintah bisa memberikan kepastian kepada investor Batam itu perlu investor supaya masyarakat akan terbantu dengan lapangan pekerjaan nah ini yang menjadi salah satu fokus kita dengan membuat 10 program yang akan kita nanti aplikasikan ke masyarakat ke Kota Batam salah satunya adalah membuat  sektor sektor yang perlu diperbaiki itu akan kita perbaiki dengan cepat.

Wartawan: Ada lagi sektor yang harus di selesaikan di daerah dan sangat penting yaitu sektor kesehatan  sejauh ini tingkat kesehatan di Batam itu seperti apa Pak Haris?

AKP Haris Lambey: Sebearnya kesehatan itu yang sering terjadi kami dengar beberapa kali saya menyentuh masyarakat dilevel terbawah di pulau-pulau mereka mengeluhkan tentang kesehatan yang terkait dengan BPJS nah apabila pemerintah bisa sanggup membangun menciptakan APBD  yang baru untuk menciptakan PAD baru untuk kota batam maka APBD yang  meningkat  bisa dialokasikan kepada pelayanan sektor kesehatan untuk saat ini memang tingkat puskesmas misalnya puskesmas di tingkat kecamatan kita ada 12 kecamatan kurang lebih hampir 68 kelurahan disana saja puskesmas masih ada yang tipe c tipe b kita tingkatkan menjadi tipe a karena dengan naiknya  puskesmas menjadi tipe a maka pelayanan akan lebih terjamin  nah disitu kita baru bisa membuat 1 program membuat kesehatan gratis kepada masyarakat supaya masyarakat tidak dibebankan lagi jujur saja jika dibebankan lagi dengan kesehatan maka masyarakat sangat sulit untuk bisa hidup dengan layak.

Wartawan: Tapi secara teknis nantinya program kesehatan gratis ini sudah ada konsepnya  atau belum Pak Haris?

AKP Haris Lambey: Pasti-pasti.

Wartawan: Kalau di Jakarta sudah ada kartu Jakarta sehat kalau di Batam nanti kira-kira bagaimana?

AKP Haris Lambey: Dan itu sudah kita siapkan nantinya  jadi saat kita nanti memang sudah  terpilih karena kita ini masih bakal calon  kalau kita sudah terpilih jadi calon  Walikota Batam kita akan siapkan program program itu untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat.

Wartawan: Yang paling penting nanti dalam pemilihan adalah bagaimana masyarakat  melihat anda memiliki visi dan misi yang jelas  tidak hanya janji-janji semata karena kalau hanya janji saja semua juga bisa Pak Haris tapi anda sendiri bagaimana ingin meyakinkan masyarakat tentang konsep Batam yang lebih maju?

AKP Haris Lambey:  Ya jadi saya tadi pernah sampaikan pada masyarakat juga gini  Batam itu yang dibutuhkan bukan seorang pemimpin yang memiliki  teori  tapi bagaimana memiliki solusi sehingga bisa dieksekusi secara cepat nah saya ada lah tipe pemimpin yang apabila memiliki sebuah masalah itu kita siapkan tim untuk dianalisa langsung kita siapkan tim untuk mengeksekusi bahkan kami bilang kalau Batam sekarang butuh eksekutor baru jadi mudah mudahan saya siap untuk menjadi  eksekutor Batam kedepan untuk mengangkat perekonomian Kota Batam.

Wartawan: Karena sekarang anda masih menjabat sebagai polisi bagaimana tentang komitmen bapak apakah akan keluar dari polisi kemudian maju sebagai calon walikota sebesar apa niat Bapak Haris ini?

AKP Haris Lambey: Ya saya selalu sampaikan kepada masyarakat Batam karena ini kan tuntutan dari masyarakat Batam mereka butuh figur baru yang masih muda dan kebetulan mereka memilih saya untuk itu  maka saya selalu menyampaikan saya siap pensiun dini yang penting bisa merubah Batam menjadi salah satu kota yang baiklah kedepanya.

Wartawan: Apakah ada pesan terakhir untuk warga Kota Batam?

AKP Haris Lambey: Ya saya harapkan warga Kota Batam perlu optimis tidak ada yang peismis apapun yang kita inginkan kita perlu bangkitkan dan kita perlu kerja sama bersama-sama untuk bangkitkan Kota Batam menjadi kota yang memang menarik investor agar tingkat ekonomi di Batam bisa naik.

Wartawan: Bila ada warga batam yang ingin berinteraksi dengan Pak Haris kira-kira bisa melalui apa Pak?

AKP Haris Lambey:  Oke mereka bisa melihat kita punya fanpage itu ada Haris Lambey tinggal klik aja Haris Lambey mereka bisa  melihat semua aktifitas saya ada disitu dan kita juga punya IG disitu harislambey2020 disitu bisa melihat semua kegiatan kemasyarakat menyentuh masyarakat kegiatan menyentuh tokoh-tokoh masyarakat di Kota Batam itu kita lakukan dan kita publish dan kita save disana.

Wartawan: Apakah akan selalu di respon bila ada masyarakat yang memberikan saran Pak?

AKP Haris Lambey: Banyak banget dan itu saya selalu merespon saya yang menjawab memang ada masyarakat yang positif ada masyarakat yang negatif tapi kritikan itu perlu jadi saya memang menerima semua kritikan untuk membangun Kota Batam karena dari kritikan itu menjadi sebuah solusi.

Wartawan: Baik Pak Haris sukses selalu hingga nanti pendaftaran untuk maju  sebagai calon Walikota dan terima kasih Pak Haris.

AKP Haris Lambey: Sama sama.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.