oleh

Tak Dikenal, Bangkai Kapal Ditemukan Mengapung di Laut Kepulauan Riau

-Tak Berkategori-2.497 views

Jakarta, Geomaritimnews, – Pihak berwenang masih menelusuri keberadaan Bangkai Kapal berukuran cukup besar yang belum diketahui asal usul dan identitasnya yang mengapung di perairan Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Sebelumnya, satu unit kapal fiber berukuran cukup besar ditemukan tenggelam di sekitaran laut Kepulauan Senayang, Kabupaten Lingga.

Kapal tersebut ditemukan nelayan setempat pada Sabtu 25 Januari lalu dengan kondisi mengapung setengah bodi dengan bagian depan menjulang ke permukaan.

Hingga Senin (3/2) bangkai kapal tersebut juga belum bisa terungkap asal-usulnya. Jangankan identitas, untuk jenis kapal itu sendiri apakah kapal nelayan, yacht, atau kapal penumpang juga belum diketahui.

Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho mengatakan, kejadian itu sudah ditangani Polsek Senayang. Kemudian juga sudah dikoordinasikan dengan pihak Syahbandar untuk mencari petunjuk dan info tentang kapal tersebut.

“Tidak ada korban jiwa ketika ditemukan dan dicek oleh tim. Tanggal 27 Januari kemarin sudah dilakukan koordinasi untuk mencari kepastian identitas bangkai kapal yang ditemukan,” ujar Joko

Namun ia memastikan bahwa kapal yang tenggelam tersebut bukan lah kapal yang tengah berlayar. Melainkan bangkai kapal yang kemungkinan terbawa arus dari wilayah lain hingga ke perairan Lingga.

“Kami cek bersama instansi terkait dan masyarakat, hasilnya bukan kapal lokal kita. Kemarin rencana akan ditarik ke pinggir, namun harus melihat situasi arus dulu. Untuk lebih pastinya coba hubungi Kapolsek Senayang,” sambung Joko.

Sementara itu, Kapolsek Senayang Iptu Syaiful Amri membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Syahbandar setempat. Tapi kata dia hingga saat ini belum diketahui nama kapal dan pemilik Kapal tersebut.

Pelaksana Harian Kantor Unit Pengelola Pelabuhan (UPP) Kelas III Senayang, Azwar Anas mengatakan, untuk memastikan jenis kapal tersebut, harus ada dokumen kapal.

“Untuk itu kami belum bisa pastikan apa jenis kapalnya, kecuali dilakukan penyelaman,” kata Azwar

Azwar menjelaskan, pihaknya sudah pun turun ke lokasi beberapa waktu lalu untuk melihat kondisi kapal. Menurunya, kapal tersebut kemungkinan terbakar dan kemudian hanyut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.