oleh

Terus Menurun, Menteri Edhy Dorong Optimalkan Anggaran KKP

-Tak Berkategori-656 views

Jakarta, Geomaritimnews, – Anggaran untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan( KKP) terus menurun pada tahun ini yang hanya mendapat 6,5 triliun sedangkan tahun-tahun sebelumnya mencapai 11 triliun.

MenteriKelautan Edhy Prabowo pun menyinggung soal kecilnya anggaran KKP tahun ini.

Kita (KKP) pernah dapat anggaran Rp 11 triliun, saya saksi waktu itu. Tiba-tiba berangsur turun-turun sampai Rp 5 triliun. Tadinya mau dikasih DPR Rp 4,5 triliun tapi Dirjen dan Sekjen berjuang akhirnya dapat Rp 6,5 triliun,” ujar Edhy saat sambutan Rapat Kerja Pengawas (Rakerwas) 2020, di Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Selasa, (4/2).

Edhy pun berkelakar akan meminta anggaran Rp 15 triliun jika telah mengetahui dirinya bakal ditunjuk jadi menteri kelautan dan perikanan.

“Kalau dulu bakal tahu jadi menteri KKP, saya bisa minta anggaran Rp 15 triliun saja sekalian. Tapi ini cerita karena sistemnya sudah berjalan. Kan ada hitungan dari Bappenas,” ungkap Edhy.

Kendati anggaran KKP menurun, Edhy mendorong kementerian untuk terus mengoptimalkan pagu yang ada. Pasalnya, APBN bisa tetap berperan sebagai daya ungkit terhadap ekonomi, termasuk menarik minat swasta untuk berinvestasi.

“Nah kita beri contoh kepada pelaku usaha, dengan anggaran yang terbatas bisa menentukan program prioritas, menunjuk daerah yang lebih rajin. Dengan demikian, swasta pun akan ikut. Negara pun memberikan kesejukan,” tambah Edhy.

Ia menambahkan, walaupun kementerian mendapatkan anggaran yang besar tapi tidak dibarengi dengan pengawasan yang ketat maka tidak tepat sasaran.

“Percayalah kita negara Indonesia, diawasi saja ada pencurian, apalagi tidak diawasi. ini yang harus kita percaya,” tutup Edhy.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.