oleh

Laut dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Manusia

-Tak Berkategori-941 views

Jakarta, Geomaritimnews, – Laut adalah sebuah tubuh air asin besar yang dikelilingi secara menyeluruh atau sebagian oleh daratan. Dalam arti yang lebih luas, “laut” adalah sistem perairan samudra berair asin yang saling terhubung di Bumi yang dianggap sebagai satu samudra global atau sebagai beberapa samudra utama.

Laut sangatlah bermanfaat bagi manusia mulai dari sumber makanan, sumber mineral, tempat rekreasi dan lain-lain.

Selain manfaat diatas  laut juga bisa bermanfaat untuk  kesehatan manusia

berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan laut untuk manusia

1. Air Laut

Air laut kaya akan sumber mineral. Ia dapat membantu menyembuhkan masalah kulit mulai dari psoriasis hingga eksim. Selain itu, air laut juga membantu berbagai permasalahan kesehatan fisik seperti sinusitis dan demam tinggi.

Sementara bagi kesehatan mental, laut dapat meningkatkan pelepasan hormon dopamin dan serotonin. Berenang di laut memiliki manfaat besar bagi kesehatan mental karena efek restoratif yang dimilikinya ketika kita berhubungan dengan alam.

2. Angin Laut

Angin laut yang sepoi-sepoi membantu mendetoksifikasi tubuh. Ketika kita berada di pantai, udara laut yang kita hirup mengisi paru-paru dengan ion negatif yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ion negatif juga memiliki efek anti depresi pada diri dan dapat mengurangi gangguan afektif musiman. Udara pantai juga membuat kita merasa santai dan rileks setelah seharian main di pantai. Ini dapat membantu tidur lebih nyenyak.

3. Pasir

Pasir merupakan eksfoliasi alami yang dapat membuat kulit mati dari kaki terkelupas. Pasir juga dapat meningkatkan kesehatan dan memperlambat penuaan saat kita menyerap elektron bumi saat berjalan di atasnya. Aktivitas meletakkan kaki di pasir yang hangat juga menyebabkan orang rileks.

Berjalan di pasir membantu kita tetap bugar karena dibutuhkan usaha ekstra saat berjalan di atasnya daripada di atas tanah datar. Kalori yang terbakar pun lebih banyak jika kita berolahraga di atas pasir daripada di tanah yang lebih kokoh.

4. Suara

Suara ombak di laut menghadirkan sensasi kedamaian dan keseimbangan. Ini meningkatkan kekuatan dan pemulihan otak karena membantu kita mencapai kondisi meditasi. Otak kita cenderung bereaksi positif terhadap air secara umum termasuk suaranya. Ia memiliki kapasitas lebih untuk meningkatkan fungsi kognitif dan menyembuhkan kerusakan di otak.

5. Warna

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang hidup dengan pemandangan laut tidak tertekan. Menurut penelitian tersebut, ada hubungan antara kesehatan dan warna biru di air dan langit. Secara umum, warna biru membuat seseorang lebih tenang dan rileks. Pantai adalah skenario sempurna bagi orang-orang yang mencari ketenangan dan kedamaian.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.