oleh

Tindaklanjut Kerjasama dengan Bakamla RI,DPD Geomaritim Papua Survey Lokasi di Jayapura

-Tak Berkategori-2.246 views

Jayapura,Geomaritimnews – Dewan Pimipinan Pusat Gerakan Poros Maritim Indonesia (DPP Geomaritim) melalui DPD Geomaritim Provinsi Papua dan DPC Geomaritim Kabupaten menindaklanjuti hasil pertemuan dengan BAKAMLA RI dengan melakukan survey Desa Binaan Maritim di Desa Tablasupa Kabupaten Jayapura  Provinsi Papua (28/2).

Desa Tablasupa Kabupaten Jayapura Provinsi Papua di pilih mengingat potensi kemaritiman yang dimiliki Kabupaten Jayapura Papua cukup melimpah .

Wilayah pesisir Kabupaten Jayapura juga banyak didiami masyarakat Nelayan yang kesehariaannya melaut disini.

Menurut ketua Umum Dewan Pimipinan Pusat Gerakan Poros Maritim Indonesia (DPP Geomaritim) Baharudin Farawowan  Penunjukan Desa Tablasupa Kabupaten Jayapura sebagi Desa Binaan Maritim juga sebagai wahana guna mendukung pelaksanaan PON 2020 di Provinsi Papua dimana Pembukaan dan Penutupan PON nantinya di Kabupaten Jayapura karna letaknya Stadion Papua Bangkit yang berada di Kabupaten Jayapura.

” Desa Tablasupa Kabupaten Jayapura Provinsi Papua selain memiliki Kekayaan hasil laut juga panorama yang Indah,oleh sebab itu perlu di laksanakan pembinaan bagi masyarakat nelayan disini dan hal ini penting juga dalam rangka mendukung dan mensukseskan pelaksanaan PON Papua” Ujar Bahar panggilan Akrab Baharudin Farawowan

Iapun menambahkan keindahan alam kabupaten Jayapura seperti Distrik Depapre tidak menutup kemungkinan akan menjadi daerah kunjungan wisata bagi tamu-tamu dari luar Papua yang hendak hadir dalam perhetalan akbar pekan olahraga Nasiona (PON) 2020 di Papua nantinya.

Sementara itu Ketua DPD Geomaritim Provinsi Papua Veronika Wanimbo yang di dampingi oleh Ketua DPC Geomaritim Kabupaten Jayapura Godlief Ibo di temui di sela-sela sosialisasi program desan binaan di Desa Tablasupa Kabupaten jayapura (28/02) mengatakan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI melanjutkan program pembinaan Desa Maritim tahun 2020 dalam rangka tindak lanjut kegiatan pemberdayaan masyarakat nelayan.

” Terimakasih kepada DPP Geomaritim dan Bakamla RI yang telah menetapkan Papua khususnya Kabupaten Jayapura sebagai Desa Binaan Maritim Nasional ” Ujar Vero

Dia melanjutkan bahwa pembinaan Desa Maritim merupakan program yang diusung Bakamla melalui Direktorat Kerja Sama Subdit Pengembangan Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut di Pusat.

” Pasalnya, masyarakat pesisir yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan memiliki potensi besar untuk turut serta berperan penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan laut” tuturnya

Sementara itu Ketua DPC Geomaritim Godlief Ibo mengatakan Mereka para nelayan  inilah yang ada di basis terdepan, yang paling awal mengetahui saat ada kejadian di laut. Sehingga mereka merupakan mitra Geomaritim dan Bakamla di laut.

” Oleh karena itu, melalui Program Desa Maritim, Bakamla dan Geomaritim berupaya terus meningkatkan pemberdayaan masyarakat pesisir, di antaranya yaitu melalui kegiatan pelatihan -pelatihan yang akan di laksanakan nantinya ” Ujar Godlief

Sebagaiman kita ketahui Melalui pelatihan ini, masyarakat nelayan dibekali dengan kemampuan menyelamatkan diri sendiri maupun menyelamatkan orang lain pada saat menemui kejadian kecelakaan laut.

Selain itu, masyarakat pesisir juga diedukasi agar lebih awas terhadap pelanggaran yang terjadi, terutama agar tidak melakukan pelanggaran pada saat mencari nafkah di laut sehari-harinya.Bukan itu saja, pembinaan terhadap masyarakat Desa Maritim diharapkan dapat menyasar ke potensi perekonomian di wilayah masing-masing.(MCS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.