oleh

Pantau Keamanan Laut, TNI AU Terbangkan 3 Pesawat F-16 Ke Maluku

-Tak Berkategori-2.246 views

Jakarta, Geomaritimnews, –  Tiga unit pesawat tempur F-16 Fighting Falcon di kerahkan ke Ambon oleh TNI Angkatan Udara untuk mengamankan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III atau sekitaran Maluku.

Setelah take off dari markas Skadron Udara III Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, pukul 10.30 WIB, Ketiga F-16 Fighting Falcon itu mendarat di Lanud Pattimura Senin (9/3) sore pada  pukul 15.14 WIT.

“Ketiga pesawat tempur itu siap dalam operasi pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia dengan sandi operasi Trisakti-20” ujar Komandan Lanud Pattimura, Kolonel Pnb Sapuan di Lanud Pattimura.

Operasi itu sendiri merupakan gabungan pengamanan laut dan udara disepanjang perairan ALKI III, yang melewati perairan Maluku.Di antaranya Laut Seram, Banda hingga Selat Leti.

“Sasaran pengaman adalah ALKI III, Operasi ini dilaksanakan selama 12 hari sejak tanggal 9 sampai 20 Maret dengan melibatkan kurang lebih 165 dari berbagai kesatuan,” tambahnya

Skuadron tempur ini dipimpin Komandan Skuadron Udara 3 Letkol Pnb Agus Dwi Ariyanto.

Dia menerbangkan F-16 Falcon dengan tail number TS-1637, sementara TS-1638 diterbangkan Lettu Pnb Aditya Wahyu dan TS-1640 oleh Lettu Pnb Fulgentius Dio Prakoso.

Perlu diketahui F-16 Fighting Falcon adalah jet tempur multi-peran supersonik yang dikembangkan oleh perusahaan General Dynamics, untuk Angkatan Udara Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya dirancang sebagai pesawat tempur superioritas udara namun akhirnya berevolusi menjadi pesawat tempur multi-peran yang sangat populer.

Dari tahun 1989 hingga 2019 Negara Indonesia tercatat telah membeli 68 unit pesawat F-16 dari Amerika Serikat.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.