oleh

Fokus Tangani Virus Corona, Pemerintah Siapkan Kebijakan Tidak Mudik

-Tak Berkategori-2.225 views

Jakarta, Geomaritimnews – Pemerintah beberapa hari ini melakukan rapat untuk membahas tentang mudik lebaran di tengah wabah virus corona.Dari hasil rapat tersebut menghasilkan kebijakan Tidak Mudik, Tidak Piknik Lebaran 2020.

Kebijakan ini diambil sebagai upaya pemerintah yang tengah fokus menangani pandemi virus corona (Covid-19).

“Kami harus mempertimbangkan berbagai skenario, semua demi keselamatan dan keamanan bagi para pemudik dan juga untuk seluruh masyarakat,” Ujar Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan tertulis, Rabu (25/3).

Namun, lanjut Luhut, pertimbangan larangan mudik tersebut masih menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Segala kebijakan ini nantinya menunggu keputusan dari Ratas Kabinet yang akan dipimpin Presiden. Kami berharap nantinya kebijakan ini yang terbaik bagi kita semua,” ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi mengatakan pihaknya bersama sejumlah kementerian dan lembaga tengah membahas sejumlah skenario kebijakan tidak mudik Lebaran tahun 2020.

Rapat koordinasi yang membahas mudik Lebaran tersebut telah digelar dua kali. Beberapa Kementerian yang hadir antara lain, Kemenko Polhukam, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan hingga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta TNI dan Polri.

Pada rapat tersebut di antaranya membahas skenario pembatasan mudik, meniadakan mudik gratis oleh perusahaan swasta maupun BUMN, hingga skenario pelarangan mudik. Namun demikian masyarakat harus taat dan patuh dengan segala imbauan atau kebijakan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.