oleh

Di Tengah Wabah Corona Para Nelayan Tingkatkan Kepedulian Antar Sesama

-Tak Berkategori-2.509 views

Jakarta, Geomaritimnews, – Di waktu wabah pandemi Corona ini  tingkat kepedulian masyarakat kian meningkat, Jaringan Nelayan Matahari (JNM) kini menjalankan program nelayan bantu nelayan. Program ini merupakan salah satu cara para nelayan untuk membantu sesama.

Hal ini dilakukan guna menggenjot hasil penjualan ikan nelayan yang tengah lesu.

“Jadi kami membagikan ikan secara gratis kepada masyarakat luas yang terdampak wabah Covid-19. Ikan kami ambil secara langsung dari nelayan-nelayan kecil dan pembudidaya perikanan skala rakyat,” ujar Ketua Jaringan Nelayan Matahari (JNM) Sutia Budi, dalam keterangan, Jakarta, Sabtu (25/4)

Sutia menyatakan, dengan cara ini, pihaknya dapat membantu sekaligus berderma. Sebab wabah Corona membuat penyerapan hasil tangkapan ikan nelayan di pasaran rendah. Hal ini mengakibatkan jatuhnya harga ikan hingga ke titik terendah.

“Pasar ekspor terbatas, restoran dan hotel semua tutup serta jalur distribusi perikanan ke pasar domestik terkendala kebijakan karantina wilayah,” beber Sutia.

Menurut dia, harga jual hasil tangkapan ikan pada pandemi Corona ini tidak bisa menutupi biaya operasional melaut. Padahal, April ini adalah musim yang bagus untuk menangkap ikan.

“Jadi kami mencoba memulihkan perekonomian nelayan dan pelaku perikanan, dan bantu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi masyarakat agar memiliki imunitas tubuh dan terhindar dari tertularnya virus Covid-19 dengan makan ikan,” ungkap Sutia.

JNM menggandeng Lazismu, sebagai lembaga zakat milik Muhammadiyah untuk menggalang donasi dan bantuan publik. Semua pihak dapat berdonasi untuk membantu pemenuhan nutrisi masyarakat.

Melalui relawan yang sudah dibentuk oleh Jaringan Nelayan Matahari (JNM) di beberapa kota, bantuan ikan segar akan didistribusikan secara langsung kepada masyarakat di perkampungan padat penduduk dengan sistem door to door.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.